Focus NTB
NASIONAL NEWS

1071 Orang KSB, Daftar Kartu Pra Kerja.

Taliwang, FocusNTB – Ditengah keadaan yang serba sulit serta memprihatinkan saat ini untuk masyarakat. Pemerintah Republik Indonesia akan mengeluarkan kartu pra kerja. Kartu ini sebagai solusi untuk masyarakat, Pendaftaran Kartu Prakerja telah dibuka oleh pemerintah. Para peserta yang terdaftar akan menerima bantuan uang sebesar Rp 3.550.000 untuk keperluan biaya pelatihan dan insentif (uang saku).

Kartu pra kerja ini dihajatkan untuk pencari kerja, PMI, UMKM dan karyawan yang telah dilakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh perusahaannya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Senin, (13/4) melalui Kasi Penempatan Tenaga Kerja Yudi Ardiansyah, S. Sos mengatakan, Bagi masyarakat Sumbawa Barat yang ingin mendaftar kartu pra kerja bisa mengunjungi laman Prakerja.co.id dan berkas fisik di antarkan ke Disnakertrans KSB.

Ia melanjutkan, Fisik yang harus di kumpulkan ke Disnaker KSB berupa NIK atau foto copy KTP, Kartu keluarga, Ijazah terakhir, Email dan nomor HP. Berkas fisik yang dikumpulkan tersebut akan dikirim ke pemerintah Provinsi.

Dia juga menjelaskan, Pendaftaran kartu pra kerja dimulai tanggal 9 sampai 13 April 2020 di kantor Disnakertrans KSB. Ia kembali menuturkan, Walaupun di Disnakertrans KSB telah tutup berkas pengumpulan fisik tapi masyarakat bisa mendaftar mandiri secara online sampai tanggal 16 April 2020.

“Tempat pengumpulan berkas fisik sudah tutup tanggal 13 April kemarin, Namun masyarakat masih bisa daftar secara online ke halaman situs pra kerja secara mandiri,” jelasnya.

Ia menguraikan, Ada 3 langkah untuk masuk dan mendaftar kartu prakerja, pertama buat akun prakerja dengan cara masuk ke situs prakerja. co. id. Pilih menu daftar sekarang masukkan nama lengkap, email dan password. Cek email untuk konfirmasi akun, setelah itu berhasil masuk ke website. Kedua isi data diri dan upload foto KTP dan foto selfi bersama KTP dan isi data diri dengan lengkap.

Selanjutnya, Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirim dari server pusat. Ketiga, Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar secara online dengan klik ikuti sekarang.

Dia menuturkan, Daftar usulan kartu prakerja yang mendaftar dan memasukkan berkas fisik ke Disnakertrans KSB sebanyak 1071 orang, Dengan rinciannya yakni pencari kerja sebanyak 891, PMI 23, PHK 90, UMKM sebanyak 67.(F/ty)

Related posts

Empat tersangka Sindikat Narkoba Antar Provinsi Digulung Polda NTB bersama Dua Kilo BB Sabu dan Senpi Rakitan

Redaksi FocusNTB

Gubernur Jemput Langsung Aspirasi Masyarakat di Dompu

Redaksi FocusNTB

Apresiasi Keberhasilan Firin-Fud, Warga Bugis Rela Jalan Kaki

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment