Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Pasca Dilantik, Kades Desa Beru Jereweh, Siap Bekerja Untuk Kesejahteraan Masyarakat

FocusNTB, Sumbawa Barat – Sebanyak 23 orang Kepala Desa (Kades) yang terpilih pada Pilkades serentak pada bulan Oktober 2019 lalu resmi dilantik, di lantai tiga gedung Setda KSB, Jum’at pagi (20/12/2019) tahun yang lalu.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah janji, dipimpin langsung oleh Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H W Musyafirin, MM. Proses pengambilan sumpah janji disaksikan oleh unsur Forkopimda KSB dan anggota DPR RI, H. Muhammad Syafruddin, ST.,MM.

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H W Musyafirin, MM dalam sambutannya mengatakan, hasil Pilakdes telah menempatkan 23 orang putra putri terbaik KSB. Dimana kades yang baru dilantik, diharapkan mampu mewujudkan zona integritas.

“23 kades yang dilantik merupakan putra putri terbaik KSB. Oleh karenanya, diharapkan para kades mampu mewujudkan zona integritas dengan melayani dan bersih,” ucap Bupati.

Bupati menegaskan para kades, agar dalam melayani rakyat tidak setengah hati, apalagi menyulitkan rakyat. Kades juga diminta agar membangun Sumberdaya Manusia (SDM) di desanya dengan memperbaiki jalan pikiran, disamping juga memperbaiki infrastruktur.

“Saya minta agar di desa ada yang disekolahkan melalui APBDes. Jangan ragu ragu berinvestasi untuk sumberdaya manusia,” tambah Bupati.

Diakhir sambutan, Bupati KSB mengingatkan agar Kades yang baru dilantik mampu merangkul masyarakat di desanya, tanpa membandingkan bandingkan. Apalagi memecat aparatur desanya, tanpa alasan yang jelas.

“Tugas utama para kades, merangkul kembali masyarakat yang terpecah belah. jangan karena perbedaan, membuat kades tidak adil dan sewenang-wenang memberhentikan staf,” tandas Bupati.

Terpisah, Kapala Desa Beru Jereweh, Joehary Effendy mengatakan, terpilih menjadi Kepala Desa Beru, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, yang digelar serentak di 23 desa pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Minggu (20/10/19), Joehary Effendy, S.Ap selaku penantang baru, berhasil memperoleh suara terbanyak berdasarkan perhitungan suara  yang telah diumumkan oleh panitia Pilkades.

Dengan terpilih menjadi Kades, Joe sapaan akrab Kades Beru, mengatakan kemenangan di Pilkades tersebut atas kepercayaan masyarakat terhadap dirinya adalah merupakan suatu bentuk kepercayaan masyarakat yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya.Oleh karena itu untuk menjaga kepercayaan masyarakat, dirinya bertekad secara sungguh-sungguh untuk menjalankan roda pemerintahan desa secara lebih baik.

“Alhamdulillah saya telah dipercaya sama masyarakat Desa Beru, dan selanjutnya saya pasti akan menjaga kepercayaan itu dengan pengabdian yang lebih maksimal kepada masyarakat,” ucap, Joe, waktu ditemui Wartawan FocusNTB.com, Sabtu (13/6/20).

“Setelah pemilihan tentunya tidak ada lagi perbedaan, kita akan rangkul semua masyarakat tanpa membeda-bedakan pendukung atau bukan, semua masyarakat Desa Beru adalah masyarakat saya dan kita tanggakan  persoalan menang kalah,” tegasnya.

Joe mengatakan bahwa menjadi Kepala Desa bukanlah semata untuk mencari kerja. Tujuan penting menjadi Kepala Desa semata-semata untuk pengabdian kepada masyarakat, itu yang tertanam dalam hati.

“Saya siap mengabdikan seluruh jiwa raga untuk memajukan Desa dan bekerja untuk kesejahteraan warga masyarakat di Desa Beru Jereweh khususnya,” ujarnya.

Joe mengungkapkan ada beberapa target yang akan ia lakukan selama menjadi Kades Beru yaitu merencanakan program hotmix di Lingkungan Dusun Jelenga sebagai wilayah khusus pengembangan pariwisata yang selama ini tidak berjalan secara maksimal, pembuatan jalan usaha tani baru untuk peningkatan produksi hasil pertanian petani dan memfungsikan lapangan sepak bola jelenga kedepan bisa selayak dengan multifungsinya menuju jelenga mandiri dan maju.

“Juga berkomitmen untuk terus melanjutkan program pemerintah sebelumnya yang sudah ada, dengan selalu memelihara infrastruktur fisik sehingga Desa Beru kelihatan indah dan bersih sebagai salah satu desa tertua dan terluas di Kabupaten Sumbawa Barat,” kata Joe.

Ada banyak terobosan jangka menengah yg sedang kami persiapkan, terutama menata kembali jalan pariwisata pesisir pantai dan daerah wisata sepanjang pantai jelenga sehingga menarik wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung.

Juga bertekad menciptakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang berinovatif dan berdaya saing sehingga nantinya dengan ada Bumdes tersebut mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Desa Beru.

Selain itu, saya akan lebih meningkatkan profesionalisme Perangkat Desa sebagai pelayan masyarakat, dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat dari seluruh kekuatan ekonomi.”Kepada seluruh masyarakat mohon doanya semoga saya selalu amanah dan mari bersama-sama kita bangun desa yang kita cintai ini,” tutupnya.(Kf)

Related posts

Di Era New Normal, Mahasiswa UMM Optimalisasi Aktifitas Masyarakat Desa Goa

Redaksi FocusNTB

Valentino Rossi, Penemu Teknik Menikung yang Disontek Dunia

Redaksi FocusNTB

Empat tersangka Sindikat Narkoba Antar Provinsi Digulung Polda NTB bersama Dua Kilo BB Sabu dan Senpi Rakitan

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment