Focus NTB
HEADLINE NEWS

Ketua RT 01 Lingkungan Pesanggrahan Gelar Ronda Malam

FocusNTB, Taliwang – Untuk meningkatkan keamanan serta menjauhkan dari tindak kejahatan, warga Lingkungan Pesanggrahan RT 01/01, Kelurahan Kuang, Kecamatan Taliwang melaksanakan ronda malam secara bergiliran.

Keamanan menjadi hal penting pada satu wilayah. Hal itu tentunya untuk menjamin keamanan warga dari tindak kejahatan. “Apalagi akhir-akhir ini wilayah RT 01 sering kemalingan, tentunya kita harus tetap berhati-hati,” ungkap Abdul Gafur Ketua RT 01 kepada media FocusNTB, Selasa (31/6/2020).

Ronda malam yang dilaksanakan ini dalam rangka menjaga keamanan dan memberi kenyamanan kepada warga dari maraknya kasus pencurian diwilayah RT 01.Dan merupakan tradisi yang biasa dilakukan orang tua zaman dulu dan harus dilestarikan kembali.

Alhamdulillah antusias masyarakat atau warga sangat baik sekali dalam melaksanakan ronda secara bergiliran ini.”Tak ada peralatan khusus yang dibawa untuk meronda, cukup senter, sarung, dan sebotol minuman air putih dan kopi untuk menemani mereka menjaga keamanan di sekitar pemukiman,” ujar Ketua RT.

Lanjut Gafur sapaan akrab Ketua RT, ronda malam buka hanya sekedar aktivitas untuk berjaga dari hal-hal yang mencurigakan. Poin positif lain yang didapat dari aktivitas ini adalah silaturrahmi antar warga yang mungkin sangat jarang bertatap muka ketika siang hari karena bekerja.

Dia menuturkan, sebelum adanya ronda malam warga sangat sulit berkumpul kecuali ada acara tertentu. Adanya kegiatan ini membuat warga bisa mengenal satu sama lain.Kita jadi tahu muka, tahu siapa yang tinggal di daerah ini. Ronda malam ya jadi ajang silaturahim kita,” cetusnya.

Ronda malam di sekitar pemukiman RT. 01/01 dengan jumlah rumah mencapai 46 KK ini dilakukan mulai jam 22.00 wita dan berakhir sebelum Subuh. Setelah satu atau dua jam berada di pos penjagaan, dua hingga tiga orang akan berkeliling, mengitari setiap sudut rumah, dan kembali ke pos penjagaan,” tutup Gafur.

Terpisah, Sabaruddin warga RT/RW 01 menilai kegiatan seperti ini juga mampu mendekatkan warga yang selama ini tertutup dari lingkungan. Ketua RT/RW 01 diharap bisa merangkul masyarakat dalam kegiatan ini sehingga mampu bersosialisasi dengan warga lain.

“Pusat aktivitas ini bisa menjaga keharmonisan antar warga dan membahas hal-hal lain.Mari kita wujudkan hidu rukun dan damai dalam bermasyarakat,” tutup Sabaruddin.(Kf)

Related posts

Bersama Forkopimda Wabup KSB Sambut Kunjungan Tim Wasev TMMD Ke- 108 KSB

Redaksi FocusNTB

Inspektorat Lakukan Riksus Pengelolaan APBDes Di Tiga Desa

Redaksi FocusNTB

Kunjungi Sumbawa Barat, Brigjen TNI Syafrial : TMMD Wujud Nyata Implementasi Tugas TNI Membangun Desa

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment