Focus NTB
HEADLINE NEWS

Tim Penilai: Lomba Kampung Sehat Menyadarkan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat

FocusNTB, Sumbawa Barat – Hari ini, tiga desa di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dinilai oleh tim penilai lomba kampung sehat kecamatan.

Tiga desa tersebut adalah Desa Seteluk, Kecamatan Seteluk, Desa Rarak Ronges Kecamatan BrangRea dan Desa Kemuning Kecamatan Sekongkang.

Dalam penilaian lomba kampung sehat, ada empat aspek yang akan dinilai, di antaranya, aspek kelembagaan, keamanan, sosial, dan aspek kesehatan.

Masing-masing aspek dinilai oleh penilai yang berbeda, aspek kelembagaan dinilai oleh Camat, aspek keamanan dinilai oleh Kapolsek dan Danramil setempat, aspek sosial ekonomi dinilai oleh Ketua PKK dan aspek kesehatan dinilai oleh Kepala UPTD Puskesmas.

Dalam penilaian Kampung sehat di Kecamatan BrangRea, dihadiri langsung oleh Camat, Khusnarti SPd didampingi Kapolsek dan Danramil, Ketua PKK kecamatan dan Kepala UPTD Puskesmas Brangrea.

Dalam sambutannya, Khusnarti mengajak segenap masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Ia menjelaskan, kampung sehat adalah program yang diinisiasi oleh Kapolda NTB dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut serta memutus mata rantai penyebaran covid-19.

“Lomba ini untuk menyadarkan masyarakat agar hidup bersih dan sehat serta menarik partisipasi seluruh warga menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Brang Rea Iptu M Santoso, juga meminta pemerintah desa terus mengajak seluruh masyarakat dan menjadi ujung tombak dalam memutus mata rantai covid-19 ini.

“Mari bersama-sama kita bekerja bersinergi dalam menciptakan suasana baru di dalam masyarakat. Mulai berbenah diri akan pentingnya hidup sehat.

Sama dengan di Kecamatan Brang Rea. Tim penilai Kecamatan Sekongkang juga turun menilai Desa Kemuning yang dihadiri oleh Camat Sekongkang, Danramil, Kapolsek, ketua PKK dan Kepala Puskesmas setempat.

Camat Sekongkang, Syarifuddin SPd mengatakan, Desa Kemuning adalah salah satu desa yang siap mengikuti lomba kampung sehat sesuai dengan barometer kriteria kampung sehat.

Ia menilai sejumlah aspek di Desa Kemuning telah diterapkan dengan baik.

Ia juga mengajak masyarakat setempat untuk tetap menerapkan pola hidup sehat, menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Penilaian lomba ini akan terus dilakukan tim kecamatan ke sejumlah desa yang telah siap mengikuti lomba kampung.(If)

Related posts

Pelayanan Maksimal Di Posko Poto Tano, Dinas Perhubungan KSB tambah 6 personil

Redaksi FocusNTB

Gubernur Jemput Langsung Aspirasi Masyarakat di Dompu

Redaksi FocusNTB

Apel Tiga Pilar, Bupati tegaskan pentingnya sinergisitas

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment