Focus NTB
NASIONAL OPINI

Bun, Ini Pentingnya Menceritakan Dongeng untuk Buah Hati

Foto: dok. DANCOW

FocusNTB, Jakarta – Dalam proses perkembangan Si Buah Hati, berbagai pelajaran bisa diberikan melalui media yang berada di sekitar. Mulai dari lingkungan, permainan-permainan, hingga tayangan yang disaksikan oleh Si Buah Hati. Selain itu, membacakan dongeng juga punya peran yang penting untuk perkembangannya.
Membacakan dongeng untuk Si Buah Hati memang memiliki banyak sekali manfaat bagi perkembangannya. seorang Psikolog Klinis dan juga Nutritods Council Expert, Dra. Ratih Ibrahim mengatakan kegiatan ini ini tak hanya bisa mempererat hubungan antara ayah dan bunda dengan Si Buah Hati, namun membacakan dongeng ternyata juga bermanfaat untuk menstimulasi 5 dimensi perkembangan anak.

Pertama, membacakan dongeng dapat menumbuhkan kemampuan kognitifnya lewat cerita dan tokoh yang ada di dalam dongeng. Misalnya bagaimana tokoh dongeng menyelesaikan konflik, ini akan membantu Si Buah Hati untuk berpikir kritis dan mampu memecahkan masalah, atau ajak Si Buah Hati untuk membuat tokoh dongeng versinya untuk mengasah imajinasi dan kreativitas.

Kedua, membacakan dongeng juga bisa menjadi stimulasi yang baik bagi kemampuan motorik. Hal ini bisa dilakukan dengan memegang buku, boneka atau sarana pendukung lainnya saat membacakan sebuah cerita sehingga kemampuan motorik halus akan terlatih. Coba juga untuk memperagakan gerakan yang dilakukan tokoh di dalam cerita untuk melatih kemampuan motor kasar.

Tak sampai di situ saja, Bunda bisa melatih kemampuan bahasa dan komunikasi Si Buah Hati dari kegiatan membacakan dongeng ini. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mol, S.E dan A.G Bus pada tahun 2011, anak-anak yang rutin dibacakan buku sejak dini memiliki kosakata yang kaya dan pemahaman kalimat yang lebih baik sehingga mereka lebih siap saat waktunya sekolah nanti.

READ  Dua Beban Messi di Laga Barcelona vs Napoli

Selanjutnya, membacakan dongeng juga dapat menstimulus kemampuan sosial Si Buah Hati lewat nilai-nilai moral yang disajikan dalam suatu dongeng. Bunda bisa menanyakan tokoh di dalam cerita yang Si Buah Hati suka dan alasannya sambil mengajaknya memposisikan diri pada kondisi orang lain. Coba berdiskusi juga tentang cerita yang dibaca untuk membantu Si Buah Hati memberikan pedoman berperilaku sehari-hari bagi dirinya.

Lewat dongeng, Bunda juga bisa mengajarkan berbagai perilaku positif yang bisa ditiru Si Buah Hati, seperti perilaku sehat layaknya mengonsumsi makanan sehat, menjaga kebersihan tubuh dan lain sebagainya. Jadi bisa dikatakan, lewat dongeng Bunda bisa mengajarkan cara berperilaku sehat dengan cara yang menyenangkan.

Bunda pun tak perlu khawatir dalam memilih sebuah dongeng, karena berbagai dongeng sudah banyak ditemukan di masyarakat, bahkan Bunda dapat mengarangnya bila diperlukan. Ada juga cara yang lebih mudah untuk menemukan dongeng-dongeng yang bisa diberikan sebelum tidur atau pada aktivitas lainnya, salah satunya melalui 15 Dongeng Aku dan Kau dari DANCOW Nutritods yang dapat membantu mengoptimalkan perkembangan Si Buah Hati terutama di usia prasekolah.

DANCOW Nutritods tahun ini memperkenalkan lagi kumpulan cerita asli Indonesia yang mendukung Bunda dalam mendukung stimulasi bagi Si Buah Hati dalam mengembangkan 5 dimensi yaitu kesehatan, bahasa, motorik, kognitif, dan sosialisasi.

Dongeng Aku dan Kau dari DANCOW Nutritods menghadirkan berbagai kumpulan dongeng yang menarik seperti Siput Pekerja Keras, Kancil dan Kura-kura, Si Kelingking serta dongeng lainnya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Kali ini Dongeng Aku dan Kau selain menghadirkan 15 seri kartu dongeng, ada juga versi Augmented Reality (AR) dan video animasi yang dapat diakses melalui website DANCOW Parenting Center.

READ  Presiden LSM LIRA HM Jusuf Rizal Angkat Bicara Terkait Calon Sekda Garut

Yuk Bun, bersama-sama optimalkan perkembangan anak-anak Indonesia dan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan dengan kumpulan Dongeng Aku dan Kau. Untuk melihat video tentang 15 Dongeng Aku dan Kau dan serta mengenal lebih jauh tentang karakternya, Bunda dapat langsung kunjungi websitenya di sini.

Related posts

Presiden Minta Pilkada Serentak Aman COVID-19

Redaksi FocusNTB

Membangun Pilkada Yang Bersih di Tengah Pandemi

Redaksi FocusNTB

Update Data Covid-19 NTB Per 22 April 2020.

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment