Focus NTB
HEADLINE

Dikbud KSB Pastikan SD Lamusung Operasi Tahun 2021, Sarana dan Prasarana Belajar Disiapkan

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa Barat, Drs.H.Mukhlis, M.Si di Ruang Kerja

 

FocusNTB, Sumbawa Barat – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa Barat memastikan gedung Sekolah Dasar di Desa Lamusung akan dioperasikan tahun 2021 mendatang. Hal ini dilakukan, supaya proses belajar mengajar segera berjalan dan persiapan menyongsong penerimaan siswa tahun ajaran baru.

“Tujuan pemerintah membangun gedung SD Lamusung salah satunya untuk mendekatkan akses pendidikan dengan masyarakat, sehingga tidak ada lagi layanan pendidikan atau sekolah letaknya jauh dari masyarakat.Selama ini anak-anak di Desa Lamusung bersekolah jaraknya lumayan jauh ke Desa Air Suning,” Ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Drs.H.Mukhlis, M.Si kepada media FocusNTB di ruang kerjanya, Selasa (9/9/2020).

Lanjut Mukhlis, ini merupakan salah satu kebijakan pemerintah daerah di KSB dalam rangka akses pendidikan. Jadi dibangun SD Lamusung dalam rangka mendekatkan masyarakat dengan sekolah, karena selama ini anak-anak Lamusung jauh bersekolah ke SD 2 Air Suning.

Sehingga di KSB tidak ada lagi sekolah yang jaraknya jauh. Inilah penting kita dekatkan, dan insya Allah tahun ini juga kita akan bangun sekolah di Desa Bukit Damai sebagai salah satu pelayanan dasar pendidikan,” jelas Kadis.

Kadis menambahkan, selain kebijakan mendekatkan akses pendidikan dengan masyarakat bahwa tujuan dari dibangunnya sekolah di desa-desa dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, dan juga meningkatkan tata kelola pendidikan di Kabupaten Sumbawa Barat.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Suarman, S.Pd, menjelaskan, SD Lamusung sedang kita persiapkan menjadi sekolah yang berdiri sendiri, saat ini SD Lamusung masih kita titipkan proses belajar mengajarnya di SD 2 Air suning.Karena saat itu gempa bumi di lanjut dengan pandemi covid-19, jadi proses belajar mengajar sempat tertunda.

“Jadi untuk meminimalisir dan mengurangi anggapan-anggapan masyarakat terkait kenapa belum diproses ijin oprasional, maka perlu kami klarifikasi.Bahwa tahun ini secara kelembagaan oprasionalisasinya akan kami proses, kelembagaan yang dimaksud terkait administrasi dan ijin operasional SD Lamusung” pungkas Kabid.

Lanjut Suarman akrab disapa, sarana dan prasarana yang telah dibangun diantaranya, tiga unit ruang kelas dan dua buah toilet, sementara sarana berupa meubelair siswa dan guru serta fasilitas penunjang lainnya akan disiapkan dalam tahun ini.

“Sambil kita persiapkan sarana dan prasarana (SARPRAS) belajarnya dan kita lengkapi juga dengan meubelair siswa dan guru. Dan dipastikan proses belajar mengajar SD Lamusung dapat beroperasi tahun 2021,” pungkasnya.

“Baru saja kami turun, melakukan kunjungan ke SDN Lamusung untuk menemui dan menyerap aspirasi masyarakat disana secara langsung.Alhamdulillah masyarakat dapat menerima dengan baik penjelasan dari kami dan segera akan kami tindaklanjuti,” tutupnya.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Kadis Dikbud KSB, Kabid Pembinaan SD, Aheruddin Sidik DPRD KSB(Dapil II), Kades Lamusung, seluruh kadus di desa lamusung dan Kepala Sekolah SDN 1 Air Suning. (Kf)

 

 

Related posts

Valentino Rossi, Penemu Teknik Menikung yang Disontek Dunia

Redaksi FocusNTB

Gubernur Minta Desa Labuan Jambu Jadi Pilot Project Pengembangan SimpelDesa

Redaksi FocusNTB

93 Anak di Khitan Masal, Bupati: Ini Sangat Membantu Mengurangi Kerumunan Warga

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment