Focus NTB
HEADLINE

Peringati Tahun Baru Islam, SDN Telaga Baru Gelar Perlombaan

Suasana perlombaan Pidato Da’i Cilik (Pildacil) dan perlombaan Khotil Qur`an (Kaligrafi) di SDN Telaga Baru Kelurahan Telaga Bertong Kecamatan Taliwang

 

FocusNTB, Taliwang — Dengan mengusung tema “Semangat Hijrah Dimasa Pandemic Covid-19″, SDN Telaga Baru Kelurahan Telaga Bertong Kecamatan Taliwang sejak tanggal 10-12 september 2020 lalu telah mengadakan perlombaan dalam rangka memperingati tahun baru islam 1442 Hijriah/2020 Masehi.

Adapun mata perlombaan yang telah digelar oleh SDN Telaga Baru atau yang dikenal dengan sebutan SDN Tebar Berkah tersebut, yakni perlombaan Pidato Da’i Cilik (Pildacil) dan perlombaan Khotil Qur`an (Kaligrafi).

Kepala Sekolah SDN Tebar Berkah, Jawariah S.Pd.,SD mengatakan bahwa, perlombaan yang diinisiasikan oleh sekolah yang dipimpinnya tersebut dilakukan secara Daring atau via WhatsApp (WA) dari rumah masing-masing murid karena menyesuaikan dengan protokol kesehatan Covid-19.

“Perlombaan via daring untuk memperingati hari tahun baru islam ini merupakan inovasi dari kami, meski saat perlombaan daerah kita belum berstatus zona hijau seperti sekarang. Tapi kami tak mati ‘akal’ untuk memperingatinya,” ujar Jawariah kepada media, Rabu (23/9/2020).

Terkait mekanisme perlombaan, Jawariah yang merupakan istri tercinta dari camat Taliwang tersebut menjelaskan bahwa para murid yang ingin mengikuti perlombaan, melakukan pendaftaran melalui daring via WA grup kelas masing-masing yang disertai dengan mata perlombaan yang ingin diikutinya.

Untuk perlombaa Pildacil, para murid menentukan sendiri pidatonya, pidato tersebut dibuat dalam bentuk vidio dan di kirim ke guru masing-masing melalui WA Grup berdasarkan kelasnya. Sedangkan untuk perlombaan kaligrafi, di kumpulkan oleh wali murid ke guru kelas masing-masing. Hasil vidio pildacil dan kaligrafi di nilai oleh panitia yang sudah di bentuk.” jelasnya.

Dengan kegiatan perlombaan positif tersebut, diharapkan dapat membentuk peserta didik yang mandiri, berakhlak mulia dan bertanggung jawab. Akhlak mulia atau biasa di kenal dengan akhlakul qarimah yakni diharapkan peserta didik memiliki karakter atau prilaku yang baik dalam prilakunya sehari-hari baik dalam melakukan hubungan dengan sesamanya baik itu orang tua, guru maupun dengan teman sebayanya.

READ  Wagub Apresiasi Inovasi Pelayanan Digital di HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-65

Artinya peserta didik dalam kehidupannya mencerminkan akhlak qur’an, sehingga mereka dengan orang yang lebih tua lebih menghormati dan dengan teman sebayanya saling menghargai serta yang lebih kecil dia sayangi.

“Intinya tujuan kami melaksanakan lomba memeriahkan tahun baru islam 1442 hijriah adalah membentuk karakter anak baik dalam hubungannya dengan sesame manusia, hubungannya dengan lingkungan serta hubungannya degan Allah SWT. Hal ini di selaraskan denagn sabda Rasulullah SAW “Sesungguhnya aku di utus ke bumi ini oleh Allah SWT hanyalah untuk menyempurnakan akhlak manusia,” bebernya

“Selain itu, tujuan lain dari perlombaan yang kami gelar tersebut, yakni adanya perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar anak-anaknya dengan melibatkan orang tua. Mengurangi dan mencegah anak-anak melakukan aktifitas bermain di luar rumah di masa pandemic Covid-19,” pungkasnya.

Untuk kita ketahui bersama bahwa SDN Tebar Berkah telah dua kali melaksanakan kegiatan Daring via WhatsApp. Pertama dalam rangka Nuzulul Qur’an dan Pesantren Kilat, Kedua dalam rangka memperingati tahun baru islam 1442 Hijriah/2020 Masehi.(Fn)

Related posts

Polda NTB Selidiki Dugaan Penyimpangan Proyek Di Senggigi

Redaksi FocusNTB

Sinergitas TNI dan Polri Sekongkang Bawah Sosialisasikan Perda Covid-19

Redaksi FocusNTB

Sekda KSB Minta PPPK Tahap I Menjunjung Tinggi Kode Etik dan Profesionalitas

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment