Focus NTB
HEADLINE NEWS

Minimalisir Drainase Tersumbat, Sidementasi Kota Taliwang Dikeruk

Bidang Perumahan Pemukiman Dinas Pekerjaan Umum Sumbawa Barat saat  melakukan aktifitas cuting plat beton sepanjang jalan Sudirman, perkotaan Taliwang

 

FocusNTB.com, Sumbawa Barat — Dinas Pekerjaan Umum Sumbawa Barat melalui Bidang Perumahan Pemukiman mulai melakukan aktifitas cuting plat beton sepanjang jalan Sudirman, perkotaan Taliwang. Hal itu di lakukan sebagai persiapan kegiatan gotong royong yang rencananya di gelar pada Jum’at (25/9) mendatang guna mengangkat sidementasi yang kian meninggi.

Pengaruh dari tingginya sidementasi tersebut membawa dampak yang cukup parah. Di beberapa titik air menjadi tergenang karena terjadinya penyumbatan. Implikasinya, air tidak mengalir ke pembuangan akhir dan menyebabkan bau tidak sedap.

“Tingginya sidemetasi pada drainase primier itu menjadi penyumbang permasalahan dalam sistem drainase perkotaan. Untuk itu, dipandang perlu dilakukannya pengerukan sidementasi agar air bisa mengalir lancar ke hilir, ungkap Kepala Bidang Cipta Karya, Abdul Aziz ST.,M.Eng pada media FocusNTB, Rabu pagi (23/9/2020).

Lanjut Aziz, nanti akan diterapkan konsep gotong royong dengan melibatkan partisipasi warga dari Kelurahan Dalam, Kuang, Arab Kenangan dan Kelurahan Bugis. Selain itu, TNI-Polri akan turut serta sekaligus menjadi motor penggerak pada kegiatan tersebut.

“Ini merupakan persiapan pemda dan masyarakat dalam rangka menghadapi musim hujan,” ungkapnya singkat.

Kita semua, tentu tidak menginginkan air meluber ke bahu jalan pada saat musim hujan. Oleh karena itu, drainase sebagai sarana pembuang harus di fungsikan. Sampah plastik atau potongan-potongan kayu di angkat karena itu bisa menjadi penyebab tersumbatnya drainase.

Menurutnya, masalah sampah di lingkungan masyarakat sangat membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Kesadaran masyarakat terkait sampah perlu di tingkatkan lagi, mengingat dampaknya cukup membahayakan serta dapat menyebabkan banjir, lingkungan tercemar dan mengundang timbulnya bibit penyakit.

READ  Masadi: Nasdem KSB Masih Menunggu Hasil Survey DPP

“Semangat dari kegiatan ini juga selaras dengan program kampung sehat yang di inisiasi Kapolda NTB,” singkat Kabid Perumahan Pemukiman itu.

Bukan drainase ini saja yang menjadi attensi. Drainase primier dan sekunder yang ada di Kelurahan Bugis, Kuang dan Kelurahan Menala turut menjadi sorotan. Banyak sampah dan sidementasi juga tinggi. Nah, dalam pelaksanannya akan di lakukan gotong royong padat karya.

“Dan harapan dari kegiatan gotong royong ini juga diharapkan dapat menggugah masyarakat betapa pentingnya kebersihan lingkungan,” tutup Aziz. (Kf)

Related posts

OPS Gatarin 2020, Satlantas KSB Utamakan Keselamatan Pengendara Lalin.

Redaksi FocusNTB

Sejumlah Cafe Di Maluk Digerebek, Polisi Sita Puluhan Miras

Redaksi FocusNTB

DPD JOIN KSB : Terimakasih, Proses Hukum Terhadap Pelecehan Wartawan Berjalan Baik

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment