Focus NTB
HEADLINE NEWS

Gabungan TNI-Polri dan Satpol PP Gelar Operasi Yustisi Tertibkan Warga Tak Pakai Masker

Gabungan TNI-Polri dan Satpol PP saat melakukan Operasi Yustisi di Kelurahan Dalam depan Toko Bari Kecamatan Taliwang

FocusNTB, Sumbawa Barat — Guna memutus rantai penyebaran Covid -19, Personil Gabungan TNI-Polri dan Satpol PP melaksanakan Kegiatan Operasi Yustisi pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan dalam penggunaan masker di bertempat di Kelurahan dalam Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, Selasa (13//10/2020) pagi.

Operasi yustisi sebagai Implementasi Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020, Perda Provinsi NTB Nomor 7 Tahun 2020, Peraturan Kepala Daerah KSB Nomor 41 Tahun 2020, tentang peningkatan pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan.

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono,SIK,.MH melalui PS Paur Subbag Humas polres Sumbawa Barat Mayadi Iskandar dalam siaran pers menyampaikan, dalam apel persiapan Oprasi Yustisi penegakan protokol kesehatan Covid-19 dipimpin langsung oleh Dal Ops Polres Sumbawa Barat IPTU Made Suarta.

Dalam kegiatan apel persiapan Operasi yustisi IPTU Made Suarta memberikan arahan, agar semua anggota yang terlibat dalam oprasi ini diharapkan bisa bekerja sama dengan baik.Tujuan kita untuk mendisiplinkan masyarakat agar tertib untuk penggunaan masker.

“Personil yang melaksanakan tugas dilapangan agar selalu bersikap humanis dan proporsional.Dan bagi pengendara yang tidak mau diberhentikan tidak usah dikejar biar saja jalan, kita melaksanakan tugas harus sesuai Standar Operasi Presedur (SOP),” jelasnya.

Lanjut IPTU Made, tujuan dari melaksanakan Oprasi Yustisi untuk menegakkan hukum protokol kesehatan,sedangkan sanksi bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker yang terjaring dalam Oprasi Yustisi di berikan berupa Sanksi denda, Sanksi sosial, dan Sanksi teguran.

” Penggunaan masker ini paling penting untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dan kita akan himbau tegas kepada masyarakat untuk mengenakan masker, mengingat ada sanksi yang akan diberikan bagi yang lalai atau mengabaikan Prokes,” cetusnya

READ  Melalui Komsos, Dandim 1628/SB Harapkan KBT Menjadi Agen Edukasi Covid-19 Ditengah Masyarakat

Dari hasil Operasi Yustisi didapatkan sejumlah pelanggaran yang dilakukan masyarakat. Adapun Pelanggar yang terjaring operasi tersebut sebagai berikut: Sangsi Denda : 5 orang, Sangsi Sosial :  40 Orang, Sangsi Teguran : 60 orang dengan Total Denda : Rp.500.000 (Lima Ratus Ribu Rupiah)

Hadir dalam kegiatan operasi yustisi tersebut, Kabag Ops Polres Sumbawa Barat AKP Iwan Sugianto, SH., Kasat Binmas Polres Sumbawa Barat IPTU Rahmansyah, Paur Min Bag Ops Polres Sumbawa Barat Iptu Susanto, Dal Ops Polres Sumbawa Barat IPTU Made Suarta, Kasiwas Polres Sumbawa Barat IPDA Pidada, Kasi Hubungan antar lembaga Sat Pol PP Fajri Rosik, Kabid P2d Sat Pol PP Alimuddin, SH, Kasi penegakan Sat Pol PP Nasir, SH, Kasi tibum Sat Pol PP M. Sukri, Spd, Kasi mobilisasi dan pelatihan Mustamar, SH, Kasi Opdal Sat Pol PP Dimas, ST, Gabungan TNI-Polri dan Instansi terkait yang hadir sekitar 45 orang.

Sebelum berita diturunkan, terpantau dilapangan kegiatan Ops Gabungan dan ops Yustisi Penggunaan masker berakhir dengan aman, tertib dan lancar.(Kf)

Related posts

Terkendala Covid-19, Pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa Belum Bisa Dipastikan

Redaksi FocusNTB

Pastikan Pembeli dan Pedagang Memakai Masker, Wabup Sidak Pasar Tana Mira

Redaksi FocusNTB

Menkopolhukam Bersama Rombongan Kunjungan Kerja Ke NTB

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment