Focus NTB
HEADLINE NEWS

Pangdam IX/Udayana Resmikan Dua Koramil Baru Kabupaten Sumbawa Barat

Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara, saat menanda tangani peresmian Koramil 1628-04/Poto Tano serta Koramil 1628-05/Jereweh Kodim 1628/Sumbawa Barat

FocusNTB, Sumbawa – Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat Kini resmi memiliki 5 Koramil. Bertambahnya jumlah Koramil tersebut ditandai oleh pernyataan peresmian Koramil 1628-04/Poto Tano serta Koramil 1628-05/Jereweh Kodim 1628/Sumbawa Barat oleh Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara.

Pernyataan peresmian 2 Koramil baru di Wilayah 1628/Sumbawa Barat tersebut dilakukan oleh Pangdam IX/Udayana, pada Rabu Pagi (21/10/2020), di Aula Madilaoe, ADT Kantor Bupati Sumbawa, berdasarkan keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor KEP/668/VIII/2020. Tentang Penataan Satuan dan Pembentukan Satuan Baru Jajaran TNI Angkatan Darat.

Untuk diketahui bahwa Kabupaten Sumbawa Barat hanya memiliki 3 Koramil (Koramil Koramil 1628 -01/Taliwang, Koramil 1628-02/Sekongkang dan Koramil Koramil 1628-03/Seteluk, red). Namun seiring pernyataan peresmian Koramil 1628-04/Poto Tano serta Koramil 1628-05/Jereweh Kodim 1628/Sumbawa Barat oleh Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara, maka jumlahnya bertambah menjadi 5 Koramil.

Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara. (Memegang Microphon)

Dalam sambutannya, Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara mengatakan bahwa pembentukan 2 Koramil tersebut sudah dikaji dan ditinjau secara mendalam. “Luasnya wilayah dan kondisi tofografi mengharuskan adanya penambahan Koramil tersebut,” bebernya.

Sebagai Komando Teritorial pada tingkat yang paling rendah yaitu di kecamatan, Komando Rayon Militer (Koramil) mempunyai peran yang sangat penting yaitu sebagai ujung tombak pelaksanaan Sishankamrata itu. “Untuk itu saya menegaskan agar Koramil ini dijaga sebaik-baiknya guna mewujudkan pelaksanaan Sishankamrata, selain itu Koramil baru ini tentunya akan memudahkan menyelenggarakan binter (pembinaan teritorial) dalam rangka mendukung tugas pokok kodim,” ujar Pangdam.

Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara dalam sambutannya berpesan pada Dandim 1628/Sumbawa Barat agar menjalin sinergitas antara TNI dan Polri, kemudian terus membangun kerjasama dengan semua stoke holder yang ada guna mewujudkan kodisi yang aman.

READ  Bupati KSB Buka Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata

“Saya hari ini juga berpesan pada kita semua agar jangan terpancing dan terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memecah bela kedaulatan negara. Jaga terus kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini,” ungkap Pangdam.

Atas kesuksesan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109 Tahun Anggaran 2020 Di Kodim 1607/Sumbawa, Pangdam IX/Udayana menyampaikan selamat atas keberhasilan tersebut.

” Tadi telah dilaporkan oleh Dandim 1607/Sumbawa, Letkol Kav. Rudi Kurniawan, S.Sos M.Tr (Han), bahwa ada beberapa pekerjaan fisik nan non fisik telah dilaksanakan. Diantaranya, 100% yaitu berupa membangun rumah ibadah yaitu Mushola, perehapan RTLH dan pembangunan jembatan. Sedangkan untuk Saluran Irigasi telah mencapai hasil 95 %. Dimasa pandemi Covid-19 ini juga, TMMD memiliki peranan penting dalam memberikan edukasi pada masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan,” paparnya.

Dilanjutkan oleh Pangdam. “Sesuai laporan Dandim, bahwa pelaksanaan TMMD ke-109 dilaksanakan dengan waktu yang sangat mepet. Walaupun begitu semuanya dapat diselesaikan tepat waktu dan hasilnya bisa dilihat sendiri. Baik dari segi epesiensi anggaran, bila dibandingkan dengan yang dikerjakan oleh pihak ketiga. Saya pastikan biayanya jauh lebih efesien bila dikerjakan oleh TNI. Saya juga menghimbau pada prajurit TNI yang melaksanakan TMMD agar kembali kesatuannya masing-masing. Semoga dalam perjalanan tetap sehat dan aman,” tutup Pangdam.

Media inipun berkesempatan mewawancarai Dandim 1628/Sumbawa Barat, Letkol CZI Sunardi, ST., M.I.P. atas diresmikannya berdirinya 2 Koramil baru diwilayahnya. Pada media ini, Letkol CZI Sunardi, ST., M.I.P. mengatakan bahwa dirinya senang dan bersyukur atas peresmian yang dilakukan oleh Pangdam IX/Udayana. “Petunjuk dan arahan yang diberikan oleh Beliau Pangdam IX/Udayana sudah jelas. Koramil akan menunjang kerja dari Kodim,” pungkasnya.
Pangdam IX/Udayana Didampingi oleh Wakil Gubernur NTB, Dandim 1607/Sumbawa, Dandim 1628/Sumbawa Barat, Sekda Sumbawa Barat, Ketua DPRD KSB, Kaharuddin Umar.

Koramil yang baru ini diharapkan dapat beradaptasi dan menjalin komunikasi dengan Koramil yang sudah ada. Lanjut Letkol CZI Sunardi, ST., M.I.P., Koramil 1628-04/Poto Tano serta Koramil 1628-05/Jereweh Kodim 1628/Sumbawa Barat dengan segera dapat menyelenggarakan binter dalam rangka mendukung tugas pokok kodim. Dengan demikian koramil menyelenggarakan binter (pembinaan teritorial) di wilayah melalui berbagai macam kegiatan, diantaranya melaksanakan pembinaan tentang kemanunggalan TNI-Rakyat melalui pemahaman jati diri TNI yaitu, TNI dari rakyat berjuang bersama rakyat dan berbuat untuk kepentingan rakyat. Diantaranya melaksanakan kegiatan bhakti TNI serta kegiatan-kegiatan yang lainnya yang berguna untuk rakyat dan kemajuan Bangsa Indonesia.

Pernyataan peresmian Koramil 1628-04/Poto Tano serta Koramil 1628-05/Jereweh Kodim 1628/Sumbawa Barat oleh Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara adalah rangkaian acara dalam kegiatan Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109 Tahun Anggaran 2020 Di Kodim 1607/Sumbawa.
Sekda KSB, H. Abdul Aziz, SH,. MH, Dandim 1628/Sumbawa Barat, Letkol CZI Sunardi, ST., M.I.P., Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Suriono, S.I.K., MH.

Sebelum berita ini diturunkan, dapat diinformasikan bahwa kegiatan Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109 Tahun Anggaran 2020 Di Kodim 1607/Sumbawa dan Peresmian Koramil 1628-04/Poto Tano serta Koramil 1628-05/Jereweh Kodim 1628/Sumbawa Barat oleh Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Kurnia Dewantara dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah. Serta Forkopinda Sumbawa, Forkopinda Sumbawa Barat, Toga dan Toma Kabupaten Sumbawa.

READ  Ucapan Selamat Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa Barat
Berbincang, Pangdam IX/Udayana dan Wakil Gubernur NTB.

Turut hadir dalam rombongan Pangdam IX/Udayana, Aslog Kasdam IX/Udayana, Kolonel Cpl Simon Petrus Kamlasi. Aster Kasdam IX/Udayana, Kolonel Inf I Made Mahaparta. Kasrem 162/Wira Bhakti, Kolonel I Made Kariawan. Kasi Pers Korem 162/Wira Bhakti, Kolonel Caj Rudi Priyanto, S.E dan Kasmin Pangdam IX/Udayana, Mayor Inf Dhavid Nur Hadiansyah. (Kf)

Related posts

Dewan Agusfian Agung SE Mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia Ke-76 Tahun

Redaksi FocusNTB

Kapolres KSB Gelar Korps Raport, 76 Personil Naik Pangkat

Redaksi FocusNTB

Gempa 4,5 Skala Richter Guncang Sumbawa Barat

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment