Focus NTB
HEADLINE NEWS

Sinergitas TNI-Polri Sumbawa Barat, Patroli Skala Besar Operasi Yustisi

Nampak Gabungan TNI-Polri bersama instansi terkait bersinergi melakukan Operasi Yustisi dan Patroli Skala Besar dalam rangka Penegakan Prokes Covid-19

FocusNTB, Sumbawa Barat – Kodim 1628 Sumbawa Barat dan Polres Sumbawa Barat menggelar Patroli Skala Besar dalam Operasi Yustisi Penegakan Prokes Covid-19 sebagai implementasi Inpres nomor 6 tahun 2020, Peraturan Daerah Provinsi NTB No 7 Tahun 2020, Peraturan Kepala Daerah KSB no 41 Tahun 2020, bertampat di wilayah Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, Sabtu (21/11/2020).

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono Sik MH, melalui Paur Subbag Humas polres Sumbawa IPDA Edi Subandi S.Sos dalam rilisnya menyampaikan, saat menggelar apel persiapan operasi Yustisi Penegakan Prokes Covid-19 di Mako polres Sumbawa Barat dipimpin oleh Dandim 1628 Sumbawa Barat Letkol Czi Sunardi, ST.MIP. yang didampingi Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono, S.Ik.,MH.

Dalam arahan Dandim 1628/SB Letkol Sunardi, ST.MIP., menyampaikan, malam ini kita akan mengadakan apel yang sudah ke sekian kalinya kita laksanakan dalam rangka oprasi yustisi dan patroli skala besar gabungan dengan TNI Polri dan instansi terkait, indikasinya bahwa masyarakat kita sudah mulai lengah dan mengabaikan protokol kesehatan, oleh karena itu kita harus semangat kita jangan bosan-bosannya untuk mengingatkan masyarakat dalam melaksanakan Protokol kesehatan demi keselamatannya.

” Tekankan 3M kepada masyarakat bahwa tujuan kita ini untuk keselamatan bersama dari virus covid-19 ini. Niatkan kegiatan kita ini sebagai ibadah dan tetap jaga kekompakan rekan-rekan dilapangan”jelasnya

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono, S.IK.MH, Menambahkan dalam situasi secara nasional banyak sekali pro kontra terkait masalah kerumunan masa, karena saat ini kita masih dalam masa pandemi Covid-19. Terkait dengan penyebaran covid di KSB saat ini, perhari ini masih ada 24 masyarakat kita yang terkomfirmasi postif covid-19.

READ  Vocalis Bila Band Asal NTB Mengakhiri Masa Lajang

” Untuk saat ini cara penanganannya sudah  berubah yaitu pasien yang tanpa gejala di lakukan isolasi mandiri di rumah masing- masing dengan di awasi petugas puskesmas terdekat.”terangnya

Kapolres menjelaskan, oprasi yustisi sudah setiap hari/setiap saat di lakukan dari mulai teguran sosial dan denda.Saat ini masyarakat kita di KSB sudah mulai mengabaikan protokol kesehatan ini di sini tugas kita bersama harus menghimbau warga kita untuk selalu mentaati protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

” Saya patut bersukur dan mengucapkan terimkasih kepada rekan2 yg telah menjaga Kamtibmas di wilayah KSB ini tetap aman terkendali, saya ucapkan terimakasih banyak kesemua instansi terkait yg telah ikut serta dalam mengelola keamanan ini.”jelasnya

Selain itu, terkait dengan perubahan cuaca saat ini sangat drastis tiba-tiba hujan dan angin kencang artinya kita sebagai aparat negara harus siap siaga apabila situasi di wilayah kita terjadi bencana yang memerlukan pertolongan kita, kita tidak boleh underestimate terhadap cuaca ini kita harus Overestimate.

” Tahapan kampanye saat ini tinggal 15 hari kedepan kemudian setelah itu memasuki masa tenang, saya ingatkan kepada TNI-Polri serta ASN untuk tetap Netral tidak ada prajurit TNI-Polri yang mengikuti politik praktis, tujuan kita melaksanakan pengamanan dan mengawal kegiatan ini sampai dengan sukses,” terangnya.

Lanjutnya, kita melaksanakan Patroli Skala Besar di rangkaikan dengan Operasi Yustisi, pada saat ini ada kegiatan di Taman Tiang Nam yang berbau Politik apabila kegiatan tersebut tidak menggunakan protokol kesehatan agar di bubarkan. Diharapkan semua anggota yang terlibat dalam oprasi ini bekerja sama yang baik.

” Tujuan kita untuk mendisiplinkan masyarakat agar tertib untuk penggunaan masker sehingga terhindar dari virus Covid-19. Sedangkan personil yang melaksanakan tugas dilapangan agar selalu bersikap humanis dan proporsional”Pungkasnya

READ  Bupati KSB : "Instrumen PDPGR Resep Jitu Gerakkan Partisipasi Masyarakat"

Selanjutnya pada pukul 20.40 wita bertempat Taman Tiang Nam Kelurahan Arken Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat anggota gabungan melaksanakan patroli dan menghimau masyarakat yang sedang nongkrong dan melaksanakan untuk selalu menggunakan masker dan Menjaga Jarak pada saat nongkrong.

Sekitar pada pukul 21.25 wita anggota melaksanakan himbauan protokol kesehatan serta melakukan penindakan apabila ada dari masyrakat yang tidak mentaati protokol kesehatan terhadap pemilik dan pengunjung Kedai Sawah, Kafe Rumah Kebun, Kafe Blue Safir, dan vest kobar akan diberikan sanksi.

Dalam Patroli Skala Besar dalam Operasi Yustisi Penegakan Prokes Covid-19 petugas mendapati masyarakat yang melanggar Prokes Covid-19, pelanggar yang terjaring sebagai berikut diantaranya : Sangsi Denda Nihil, Sangsi Sosial 40 Orang, Sangsi Teguran 60 orang dan sehingga dengan total denda Nihil

Selanjutnya pada pukul 22.00 wita melaksanakan apel Konsolidasi yang di pimpin oleh Kabag Ops Polres Sumbawa Barat AKP Iwan Sugianto SH.

Dalam kegiatan Patroli Skala Besar dalam Operasi Yustisi tampak hadir, Kapolres Sumbawa Barat AKBP Herman Suriyono, S.IK.MH., Dandim 1628/SB Letkol Sunardi, ST. MIP., Waka Polres Sumbawa Barat Kompol Tengku Ardiansyah, SH., Kabag Ops Polres Sumbawa Barat AKP Iwan Sugianto, SH., Kasat Intelkam Polres Sumbawa Barat Iptu Made Wikerta Yasa., Kasat Binmas Polres Sumbawa Barat IPTU Rahmansyah., Kasat Sabhara Polres Sumbawa Barat Iptu Hasanuddin., Paur Min Bag Ops Polres Sumbawa Barat Iptu Susanto., Dal Ops Polres Sumbawa Barat IPTU Made Suarta., Pa Urkes Polres Sumbawa Barat IPTU Ika Hidayati, S.si., Kasi Hubungan antar lembaga Sat Pol PP Fajri Rosik., Kabid P2d Sat Pol Pp Alimuddin, SH., Kasi penegakan Sat Pol Pp Nasir, SH., Kasi tibum Sat Pol Pp M. Sukri, Spd., Kasi mobilisasi dan pelatihan Mustamar, SH., Kasi Opdal Sat Pol PP Dimas, ST dan Gabungan TNI-Polri dan Instansi terkait.(FN)

READ  Sinergitas TNI dan Polri Sekongkang Bawah Sosialisasikan Perda Covid-19

 

Related posts

Ucapan Selamat Kepala Dinas Kelautan Sumbawa Barat

Redaksi FocusNTB

ASN Nekat Mudik Saat Corona, Bakal Dapat Sanksi Tegas

Redaksi FocusNTB

ASN KSB Ikrarkan Netralitas Pada Pilkada Serentak 2020

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment