Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Pangangkutan Batu Kapur PT. Unicerv Melebihi Kapasitas dan Merusak Badan Jalan

Badan Jalan ditikungan Desa Benete rusak parah dan berlubang akibat dari muatan truk yang melebihi kapasitas

FocusNTB, Maluk — Tokoh Masyarakat Desa Benete Kecamatan Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Burhan Agustono, SH, mengeluhkan pengangkutan Batu Kapur PT. Unicerv yang melintasi jalan Provinsi Jereweh-Benete. Dimana muatan truk yang mengangkut batu kapur melebih kapasitas¬† dan menyebabkan badan jalan rusak parah.

Kelebihan kapasitas angkut tersebut, badan jalan ditikungan Desa Benete mengalami kerusakan parah sehingga menyebabkan sering terjadi kecalakaan lalulintas.

Tokoh Masyarakat Desa Benete Burhan Agustono, SH., mengungkapkan pada media FocusNTB, Selasa siang (1/11/2020) merasa sangat kecewa atas ulah perusahaan PT. Unicerv yang tidak memperhatikan keselamatan dari pengguna jalan raya. Dan ada unsur kesengajaan yang dilakukan antara PT. Unicerv selaku perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan batu kapur dengan pihak penyedia bahan material, mengingat aktifitas ini sudah terjadi cukup lama dan terkesan ada pembiaran.

Tokoh Masyarakat Desa Benete Burhan Agustono

Menurut Burhan Agustono, perusahaan PT. Unicerv dalam mengejar target jangan sampai mengorbankan banyak pihak, baik itu psikologis masyarakat Desa Benete maupun para pengguna jalan tersebut.

” Bagaimana tidak, hampir setiap hari terjadi kecelakaan ditikungan Desa Benete ini. Secara sengaja perusahaan telah membuat masyarakat resah dan psikhologisnya menjadi terganggu, selain daripada itu para pengguna jalan dapat merenggang nyawa karena kondisi badan jalan yang rusak parah,” jelas Burhanuddin Agustono.

Pick up yang keluar dari badan jalan karena menghindari jalan berlubang dan hampir terjadi kecelakaan

Agus Pasak sapaan akrabnya mengatakan, kejadian ini tidak bisa dipandang sebelah mata karena menyangkut nyawa dari pengguna jalan. Dan saya harap jangan main-main dengan nyawa orang banyak, silahkan kejar target tapi harus manusiawi.

READ  Kadis Perhubungan KSB Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H

” Apalagi akhir-akhir ini kecelakaan lalulintas kerap terjadi ditikungan Desa Benete, kejadiannya kemarin siang terjadi kecelakaan antara pick up dengan sepeda motor dan 1 unit Caesar terlempar jauh akibat menghantam jalan berlubang tersebut,” urai Agus Pasak.

Ia menambahkan, kalau PT. Unicerv ingin mengangkut batu kapur melebihi muatan silahkan gunakan fasilitas jalan sendiri dan jangan gunakan fasilitas jalan publik.

” Sebab secara aturan, perusahaan tersebut harus bangun jalan sendiri untuk angkut bahan atau matrial bahan baku tambangnya dan tidak diperbolehkan menggunakan jalan publik ketika muatan angkutnya melebihi kapasitas,” tegasnya.

Kondisi jalan rusak parah dan berlubang besar akibat dari muatan truk angkut batu kapur melebihi kapasitas

Dalam kesempatan itu, Agus Pasak berharap Pemerintah KSB dan Dinas terkait responsif terhadap kerusakan jalan yang terjadi di sepanjang jalan akibat dari pengangkutan batu kapur PT. Unicerv dan meminta perusahaan dapat mempertanggung jawabkan perbuatannya.

” Pemerintah melalui Dinas PU dan Dinas Perhubungan yang menjadi leading sektornya harus menyikapi serius persoalan ini dengan memberikan teguran tertulis kepada PT. Unicerv. Jika tidak, maka saya bersama warga akan mengambil langkah serius dengan menyetop seluruh truk tersebut dan bila perlu kami akan mengambil langkah hukum melaporkan hal ini kepada pihak berwajib,” ucapnya.

Dan yang paling membahayakan pengguna jalan, Banyak batu kapur berserakan di jalan karena jatuh dari bak truk.” Apalagi jalur dan medan dari Jereweh-Benete juga memiliki kesulitan cukup tinggi karena disertai tikungan tajam dan tanjakan, tutupnya. (FN.Kf)

Related posts

Webinar Bersama ASATI, Wakil Bupati Perkenalkan Pariwisata Sumbawa Barat ke Agen dan Travel se-indonesia

Redaksi FocusNTB

Kapolres KSB Minta Warga Aktifkan Kembali Pos Kamling untuk Wujudkan Kondusifitas Jelang Pilkada

Redaksi FocusNTB

Empat tersangka Sindikat Narkoba Antar Provinsi Digulung Polda NTB bersama Dua Kilo BB Sabu dan Senpi Rakitan

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment