Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Sekda Abdul Azis Wakili KSB Terima Penghargaan Tertinggi Dari Komisi Informasi NTB

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat H.Abdul Azis, SH.,MH saat Menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2019 dari Wakil Gubernur NTB Hj. Siti Rohmi Djalilah di gedung Graha Bhakti Praja komplek perkantoran Gubernur Provinsi NTB

FocusNTB, Sumbawa Barat —
Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, meraih penghargan tertinggi dari Komisi Informasi NTB yaitu predikat Kabupaten Informatif dengan nilai 90,15.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Gubernur NTB Hj. Siti Rohmi Djalilah kepada Bupati Sumbawa Barat yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, H.Abdul Azis, SH.,MH. di gedung Graha Bhakti Praja komplek perkantoran Gubernur Provinsi NTB pada tanggal 7 November 2020.

Setelah dilakukannya Monitoring dan evaluasi (Monev) oleh Komisi Informasi NTB terhadap 104 Badan Publik di NTB termasuk seluruh Kabupaten/Kota se-NTB, Kabupaten Sumbawa Barat telah menunjukkan kinerja pengelolaan empat indikator utama yang menjadi penilaian yaitu Pengembangan Website, Pengumuman informasi Publik, Pelayanan Informasi Publik, dan penyediaan Informasi Publik.

Sekda KSB Abdul Azis, SH.,MH (Kiri) saat Menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2019

Untuk menguji sampai sejauhmana komitmen pengelolaan ke-empat indikator tersebut, Sekretaris Daerah telah menyampaikan inovasi dan program kongkrit pemkab Sumbawa Barat dihadapan para penguji yang terdiri dari Komisioner Komisi Informasi NTB, Akademisi dari Unversitas Mataram dan NGO Somasi. Komisi Informasi pun menetapkan Kabupaten Sumbawa Barat bersama 4 kabupaten lainnya Sebagai Kabupaten Informatif.

Menuju peringkat tertinggi tersebut, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat sebelumnya telah melewati fase penilaian dari tahun ke tahun dan selalu mengalami peningkatan. Pada tahun 2017, Pemkab. Sumbawa Barat telah menerima penghargaan Peringkat Kedua Kategori Badan Publik Kabupaten/Kota Propinsi NTB oleh Komisi Informasi NTB. Selanjutnya pada tahun 2018 Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) meraih peringkat pertama sebagai Kabupaten/Kota Cukup Informatif dari Komisi Informasi (KI) Provinsi NTB.

READ  Kondisi Kesehatan Haji Firin Berangsur Membaik

Predikat tersebut, oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan dalam pengelolaan informasi Pemerintah Kabupaten Sumbawa barat, sehingga atas kerja keras dengan semangat Ihlas, Jujur, Sungguh-sungguh (IJS) kembali meraih penghargaan dari yang sebelumnya peringkat pertama sebagai Kabupaten/Kota Cukup Informatif, naik kelas menjadi Menuju Informatif di tahun 2019, sehingga pada akhirnya ditahun 2020 KSB meraih predikat sebagai Kabupaten Informatif.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda KSB, Ir. Abdul Muis, M.M. (Paling Kanan) saat menerima penghargaan Keterbukaan Informasi Publik tahun 2018

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Ir.Abdul Muis,MM menerangkan bahwa untuk meraih prestasi tersebut telah dilakukan berbagai upaya perbaikan baik dari sisi manajemen maupun berbagai perangkat pendukung yang secara terus menerus diperbaiki.

“ Kami selaku PPID utama selalu berupaya keras dalam mewujudkan penyelenggaraan Informasi Daerah melalui berbagai hal, misalnya 1. Pengelolaan media internal; 2. Penyediaan informasi berupa conten yang selalu update; 3. melakukan berbagai Inovasi yang dalam mewujudkan keterbukaan informasi; 4. Membangun sinergitas dengan badan publik, PPID pembantu di setiap OPD, 5.Kerjasama dengan media cetak/elektronik dan online dan lainnya.

” Dan semuanya oleh Pemerintah kabupaten Sumbawa Barat, telah mampu dipertanggungjawabkan dihadapan team juri yang terdiri dari akademisi; NGO; Komisioner KI Provinsi NTB dan PPID Provinsi NTB, dan oleh KI NTB menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat layak mendapatkan predikat sebagai Kabupaten Informatif,” Ungkap Abdul Muis.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat Abdul Azis, SH., MH mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder yang telah bersama dan berkomitmen kuat untuk mewujudkan keterbukaan informasi di KSB, terutama PPID Utama yang mampu membangun sinergitas antar Badan Publik.

READ  Tunaikan Janji Ke Warga, Haji Firin Bangun Mushollah di Dusun Daya Makmur

“ Tentunya prestasi ini bukanlah akhir perjuangan. Kedepannya kita harus terus lakukan penyempurnaan untuk tetap mempertahankan prestasi ini,” pungkas Sekda dengan semangat. (FN/Kf)

Related posts

Validasi Calon Penerima Tambahan PKH Tuntas, 10 Ribu KK Gagal Masuk

Redaksi FocusNTB

Mansyur AP Tokoh Tersohor dan Tegas, Mutiara Dari Desa Meraran

Redaksi FocusNTB

Diduga Ulah Oknum, Pipa Transmisi Perumda Air Minum Bintang Bano Rusak Parah

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment