Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Ketua MOI KSB Sarankan PT Amman Mineral, Program Beasiswa Perusahaan Sasar Jebolan BLK

FocusNTB, Sumbawa Barat РPT Amman Mineral Nusa Tenggara (PT. AMNT) pada Sabtu pagi (02/01/2021) melepas 30 siswa lulusan SMK/Sederajat yang berada di Wilayah Lingkar Tambang untuk mengikuti program beasiswa pelatihan dasar teknik alat berat dan operator.

Salah satu program Amman yang berada dibawah Departemen Head of Social Impact Amman merupakan bagian dari upaya pemberdayaan dan pengembangan masyarakat (PPM). Dalam menjalankan program ini, Departemen Head of Social Impact Amman menggandeng United Tractors (UT) School, yang merupakan satu-satunya insitusi pendidikan vokasi pengoperasian alat berat di Indonesia yang telah menghasilkan para ahli yang tersebar di berbagai perusahaan.

Sebelum program perdana ini dijalankan, PT Amman telah turun ke masyarakat untuk menyerap aspirasi masyarakat lingkar tambang, selain itu PT Amman juga menanyakan pada perusahaan mitra serta internal tentang kebutuhan dan syarat-syarat untuk seseorang dikerjakan di perusahaan. Setelah digabungkan, ketemulah salah satu kebutuhan mendasar yaitu operator alat besar.

“Itulah dasar mengapa PT Amman menyelenggarakan program ini. Kami menginginkan agar mereka (para siswa jebolan SMK/sederajat) bisa bekerja di dalam negeri bahkan luar negeri, tidak ‘jago kandang’. Kami juga berharap ketika para siswa alumni SMK/sederajat selesai mengikuti program ini, mereka pulang menjadi karyawan handal serta menjadi interpreneur muda”, ujar Dira Faksi (Specialis Human Capital)

Kami telah belajar dari masa lalu, dimana biasanya para peserta hanya mendapatkan sertifikat namun minim pengalaman. Lanjutnya, setelah mereka mengikuti sekolah (dijakarta) peserta akan dimagangkan diseluruh Indonesia. Program United Tractors (UT) School tidak pernah gagal, setelah selesai magang maka para peserta biasanya langsung direkrut oleh perusahaan tempat mereka magang.

“Kami tidak hanya memberikan sertifikat namun kami juga berusaha anak-anak yang telah diseleksi ini mendapatkan pekerjaan walau belum ada jaminan. Makanya dari pelatihan ini United Tractors (UT) School berkomitmen menghubungkan atau mengkoneksikan dengan pemberi kerja”, ujarnya.

READ  Masa Jabatan Firin-Fud Berakhir, Gubernur NTB Percayakan Abdul Azis Jadi PLH Bupati KSB

PT. Amman saat ini baru melaksanakan program beasiswa pelatihan dasar teknik alat berat dan operator, sehingganya program ini bisa dikatakan pilot project. “Tidak menutup kemungkinan bila program perdana ini sukses maka kami akan membuka lagi ditahun berikutnya, mungkin jumlah pesertanya diperbanyak serta akan mengikutsertakan anak-anak diluar wilayah Lingkar Tambang”, tutup Dira.

Sementara ditempat berbeda, Irawansyah, selaku Ketua DPC MOI (Media Online Indonesia) KSB sekaligus PLT Ketua MOI Sumbawa mengungkapkan pada media ini, Senin sore (04/01/2021) bahwa program ini sangat bagus, namun ia menyayangkan pihak PT. Amman Mineral Nusa Tenggara yang tidak mengikutsertakan anak-anak jebolan Balai Latihan Kerja (BLK) atau Balai Besar yang telah diakui secara nasional serta direkomendasikan oleh pemerintah hari ini.

“Ini adalah program bagus dan salah satu komitmen perusahaan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia di Wilayah penghasil, namun alangkah baiknya jika PT Amman juga membuka diri untuk mengikutsertakan lulusan BLK atau Balai Kerja. Ya,,,minimal mereka bisa On Job Training (OJT)”, tegasnya.

Program pelatihan yang telah dilakukan oleh Disnakertrans KSB selama ini sudah banyak menghasilkan pemuda dan pemudi yang siap kerja. Lanjutnya, bagaimana tidak sertifikat yang dikeluarkan oleh BLK telah memenuhi Badan Nasional Sertifikasi Pelatihan (BNSP). “Produksi dalam negeri kan sudah ada, tragis kalau tidak menghargai produk lokal”, ucapnya.

Kemudian, Irawan berharap, PT Amman bukan mengirim para siswa luar daerah melainkan mendatangkan mitra yang memberikan pelatihan tersebut ke Kabupaten Sumbawa Barat.

Sebelum berita ini diturunkan, dapat dikabarkan bahwa siswa lulusan SMK yang melamar berjumlah 180 orang, setelah mengikuti tes Penjaringan ketat (seleksi administrasi, psikotes, wawancara dan tes kesehatan) akhirnya yang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti program beasiswa pelatihan dasar teknik alat berat dan operator berjumlah 30 orang.

READ  Ucapan Selamat Kepala Badan Pendapatan dan Aset Sumbawa Barat

Program beasiswa pelatihan dasar teknik alat berat serta pendidikan vokasi lainnya akan terus dikembangkan oleh Amman Mineral. Hal ini merupakan dukungan terhadap pemerintah Republik Indonesia yang menjadikan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai prioritas pembangunan nasional melalui pendidikan vokasi. Program ini juga senada dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) pada poin keempat yakni menyediakan kesempatan belajar bagi semua. (FN)

Related posts

Kapolres KSB Bangun Sinergitas Dengan Pengurus DPD LDII, Tangkal Isu Hoax

Redaksi FocusNTB

53 KPM PKH KSB Graduasi Alami

Redaksi FocusNTB

Kadis Pariwisata KSB Apresiasi Terbentuknya M3S Center

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment