Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Minimnya Pemberdayaan PT AMNT, Empat Kades Di Jereweh Gelar Pertemuan

Nampak 4 Kepala Desa di Kecamatan Jereweh Gelar Pertemuan dengan harapan bisa berdialog dengan petinggi PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT)

FocusNTB, Jereweh — Keberadaan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PT AMNT) di wilayah lingkar tambang mulai mendapat sorotan dari sejumlah Kepala Desa di Kecamatan Jereweh. Pasalnya, kontribusi dari PT Amman Mineral dinilai masih minim dalam ruang pemberdayaan.

Minimnya kontribusi dan sentuhan dari PT AMNT, sehingga mendorong 4 Kepala Desa di Kecamatan Jereweh menginisiasi pertemuan dengan tujuan untuk bisa berdialog dengan jajaran management Amman Mineral.

” Kami menilai PT Amman Mineral tidak peduli dengan keberadaan desa yang ada di wilayah lingkar tambang, terutama dalam ruang pemberdayaan sangat dibutuhkan kontribusinya agar 16 Desa di wilayah lingkar tambang (Jereweh, Maluk, Sekongkang) diperhatikan dan diberikan pemberdayaan,” ungkap Kades Belo Jereweh Kaharuddin, S.Hi.,M.Pd kepada media ini, Kamis (21/1/2021).

4 Kades saat melakukan pertemuan bersama disebuah kedai kopi di Desa Goa

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Kades Kahar akrab disapa, sudah saatnya desa sebagai otonomi tingkat III dijadikan skala prioritas mengingat kami memiliki tanggung jawab dalam memberikan jaminan kesejahteraan kepada masyarakat kami.

” Dengan adanyan suntikan anggaran melalui ruang pemberdayaan dari PT Amman Mineral maka kami memiliki anggaran khusus melakukan pemberdayaan kepada masyarakat,” jelas Kades Kahar.

Desa yang terdampak pada eksploitasi tambang milik PT Amman Mineral, sudah seharusnya diberdayakan melalui berbagai program pemberdayaan masyarakat.

” Dari alokasi anggaran CSR PT Amman Mineral, jangan sampai 16 desa yang berada di ring satu wilayah lingkar tambang termarginalkan oleh sistem dan keadaan yang khusus didesign perusahaan. Sehingga bersama 3 Kades lainnya kami akan menginisiasi pertemuan di Maluk pada hari Selasa 26 Januari 2021,” tegas Kades Kahar.

READ  Empat Hotel Tampung Karantina 1.000 Karyawan PT AMNT

Selama operasi PT Amman Mineral, kata Kades Kahar, perusahaan memang sudah banyak melaksanakan berbagai program kepada warga lingkar perusahaan, baik itu program bersifat bantuan dan pelatihan, namun nyaris nihil sentuhan pemberdayaan kepada desa-desa yang ada di lingkar tambang.

” Namun, untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat pemberdayaan, masih minim terutama kepada desa. Program PT Amman Mineral lebih banyak terfokus kepada kegiatan ceremoni semata  dari pada program yang berdampak langsung terhadap penguatan sosial ekonomi dan program jangka panjang lainnya,” tutup Kades Kahar.

Senada dengan Kades Dasan Anyar Muhammad Solihin, agar PT Amman Mineral jangan hanya terfokus pada program dan kegiatan yang tingkat manfaatnya hanya untuk sesaat, namun harus berdampak jangka panjang.

” Dengan dana CSR yang begitu besar, sudah semestinya 16 desa sekitar perusahaan diberdayakan dengan baik, bukan malah sebaliknya Miskin,” imbuhnya.

Kemudian Kades Goa Baihaqi, menekankan agar keputusan yang kami ambil ini dapat dipertimbangkan oleh PT Amman Mineral.

” Gerakan yang kami inisiasi ini sebagai bentuk penyatuan gerakan dan menyatukan persepsi agar PT Amman Mineral memberikan porsi pemberdayaan bagi 16 Kepala Desa di lingkar tambang,” kata Kades Baihaqi.

Lanjut Kades Baihaqi, kami juga mendesak petinggi PT Amman Mineral agar membuka ruang dialog dengan semua kades di wilayah lingkar tambang.

” Kami ingin bertemu dengan para petinggi PT Amman Mineral yang memiliki kewenangan kebijakan dan anggaran, kami ingin bertemu dengan saudara Ray Pulungan dan Saudara Cakil,” cetus Kades Baihaqi.

Sedangkan Kades Beru yang tidak hadir, dicoba konfirmasi media ini, mendukung penuh apa yang menjadi hajat dan harapan dari teman-teman kades di Kecamatan Jereweh.

READ  Tingkatkan Imun Ditengah Covid-19, TNI - Polri dan Pemda KSB Olahraga Bersama

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Jereweh, Kades Belo, Kades Goa, Kades Dasan Anyar, sejumlah kasi dari desa Goa dan para istri dari kades.(FN- Kf)

Related posts

Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal Jelang HUT Bhayangkara ke-75

Redaksi FocusNTB

Tegakkan Protokol Kesehatan, Anggota Polsek Seteluk Lakukan Patroli Yustisi

Redaksi FocusNTB

Dandim 1628/SB Bersama Kapolres Pimpin Apel Dan Patroli Dalam Rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment