Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Wabup Hadiri Rapat Persiapan Pelaksanaan Lomba Kampung Sehat Jilid II

FocusNTB, Sumbawa Barat – Sukses melaksanakan Lomba Kampung Sehat, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali menginisiasi Lomba Kampung Sehat Jilid II demi menekan curva penularan Covid-19 dan memulihkan ekonomi masyarakat menuju NTB Gemilang.

Rapat persiapan pelaksanaan Lomba Kampung Sehat Jilid II Nurut Tatanan Baru di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) digelar di Ruang Sidang I Sekretariat Daerah KSB pada Rabu, (03/03/2021), pagi.

Selaras dengan pelaksanaan Lomba Kampung Sehat Jilid II, Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) juga diharapkan dapat dijalankan pada kegiatan tersebut. Hal ini juga sesuai dengan program kerja 100 hari Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati KSB yakni menuntaskan Pilar Ke-4 dan Ke-5 STBM.

Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin, ST., dalam arahannya meminta agar pilar-pilar STBM dapat diperkuat, khususnya menuntaskan pengolahan sampah rumah tangga, dan pengolahan air limbah rumah tangga.

Guna mensukseskan pelaksanaan Lomba Kampung Sehat Jilid II, sinergisitas dan koordinasi harus dijalin dengan baik, khususnya mulai dari Pemerintah Kecamatan hingga di lingkup desa. “Camat adalah ujung tombak di masing-masing kecamatan. Lakukan koordinsi dengan kepala desa, babinsa dan babinkamtibmas, kapolsek serta koramil. Rekrut tenaga Agen PDPGR dan data ASN yang ada di wilayah masing-masing untuk menjadi motor penggerak dalam mensukseskan LKS Jilid II di lingkungan masing-masing, serta buat posko Covid-19 di masing-masing desa. Insyaa Allah dalam 100 hari pertama bekerja, pilar STBM tuntas kita laksanakn”, tegas Wabup.

Kapolres KSB dalam pemaparannya menyampaikan terima kasih dan merasa terkesan dengan ide-ide kreatif serta inovatif masyarakat KSB pada Lomba Kampung Sehat Jilid I yang sebelumnya telah digelar. Sama halnya dengan gelaran sebelumnya, Lomba Kampung Sehat Jilid II ini menjadikan peran aktif masyarakat sebagai kunci keberhasilan penanganan Covid-19. Kampung (Desa/Kelurahan) diharapkan dapat menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), menjadikan Kampungnya sebagai daerah bebas Covid-19 atau menurunkan angka penyebaran, mampu menangani pasien terkonfirmasi Covid-19, melaksanakan tracing serta menyiapkan persiapan vaksinasi.

READ  Gubernur NTB : Belanja APBN Di NTB Harus Jadi Stimulus Ekonomi

Ada 2 kategori Lomba Kampung Sehat Jilid II yang akan dinilai yakni Kategori Kampung Sehat terdiri dari Kampung Sehat Bebas Covid-19 dan Kampung Sehat Lawan Covid-19, Kategori ke-2 yaitu Kampung Sehat Heroes terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa, Camat, Danramil, Kapolsek, Bupati/Walikota, Dandim dan Kapolres.

Diakhir penjabarannya, Kapolres KSB berharap agar laju penyebaran Covid-19 di KSB dapat ditekan dengan adanya Lomba Kampung Sehat Jilid II dan Penguatan Program STBM. Hadir dalam kesempatan ini, Anggota Forkopimda KSB, para Asisten, para Kepala OPD, Camat se-KSB serta jajaran TNI dan Polri. (**)

Related posts

Gabungan TNI-Polri Turunkan 500 Personil, Sukseskan Pilkada KSB

Redaksi FocusNTB

Sekjen MOI KSB : PT AMNT Kolonialis Baru Era Modern, Hengkang Saja Dari KSB

Redaksi FocusNTB

Wabup Fud Tinjau Proses PTM Hari Ke-3 di Kecamatan Poto Tano

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment