Focus NTB
NEWS

Tak Ingin Kehadiran PT SBM, Warga Sekitar Konsesi Bentang Spanduk Penolakan

Focusntb.com, Sumbawa Barat—Kali ini warga dua desa  lamunga dan seloto, Kecamatan Taliwang Sumbawa Barat, ikut serta menyuarakan penolakan tambang emas PT Sumbawa Barat Mineral (SBM), dengan cara memasang spanduk penolakan, diberbagai sudut desa.

Penolakan yang dilakukan oleh warga di dua desa sekitar lokasi tambang PT SBM karenakan tidak rela jika tanah nenek moyangnya di rusak oleh asing, dalam bentuk apapun, karena akan berdampak besar bagi masyarakat dan lingkungan.

Marwan ketua Koalisi penambang rakyat seloto kepada awak media focusntb.com mengatakan penolakan yang kami lakukan merupakan bentuk kecintaan terhadap kelestarian desa kami dari pengeruk kekayaan alam yang telah di wariskan oleh leluhurkami.

“ kami sebagai warga desa seloto wajib menjaga kelestarian lingkungan yang telah kami terima turun temurun dari nenek moyang kami, jangan hanya karena keuntungan sesaat lantas alam kami harus dirusak”. Ujar Marwan (Jum’at, 19/3)

 Ditempat terpisah, Muslimintan salah satu masyarakat yang tergabung aksi penolakan mengatakan, banyak masyarakat yang terang-terangan menolak hadirnya PT SBM untuk menambang emas di Desa Lamuga.

 “Masyarakat desa Lamunga pada dasarnya menolak penambangan emas oleh perusahaan, kalaupun ada yang mendukung dipastikan itu oknum masyarakat yang ingin mengambil keuntungan pribadi dari perusahaan,” kata Mus.

Masih menurut Muslimin,  keberadaan PT SBM dikhawatirkan akan menjadi konflik di tengah masyarakat. Sebelum konflik itu terjadi sebainya PT SBM mengurungkan niatnya toh juga mereka belum menyelesaikan kewajibannya terhadap pemilik awal konsesi ini. Timpal Muslimin (**)

READ  PKK NTB Jalin Sinergi Untuk Perbaiki Dampak Sosial Akibat Pandemi

Related posts

Pemilihan Ketua Koni KSB Masih Berlangsung

Redaksi FocusNTB

Dua Pria KSB Diciduk Polisi, Karena Diduga Edarkan Narkoba

Redaksi FocusNTB

Wagub Ajak Seluruh Pihak Lebih Optimal Lestarikan Rinjani

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment