Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Tak Ingin Kehadiran PT SBM, Warga Sekitar Konsesi Bentang Spanduk Penolakan

FocusNTB, Sumbawa Barat — Kali ini warga dua desa Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), yaitu Desa Lamunga dan Seloto ikut serta menyuarakan penolakan tambang emas PT Sumbawa Barat Mineral (SBM), dengan cara memasang spanduk penolakan diberbagai sudut desa.

Penolakan yang dilakukan oleh warga di dua desa sekitar lokasi tambang PT SBM, dikarenakan tidak rela jika tanah nenek moyangnya di rusak oleh perusahaan tambang, dalam bentuk apapun, karena akan berdampak besar bagi masyarakat dan lingkungan.

Marwan selaku Ketua Koalisi Penambang Rakyat Seloto kepada awak media Focusntb mengatakan, bahwa penolakan yang kami lakukan merupakan bentuk kecintaan terhadap kelestarian desa dari pengeruk dan perusak kekayaan alam yang telah di wariskan oleh leluhur kami.

“ Kami sebagai warga desa seloto wajib menjaga kelestarian lingkungan yang telah kami terima turun temurun dari nenek moyang kami, jangan hanya karena keuntungan sesaat lantas alam kami harus dirusak,” Ujar Marwan, Jum’at (19/3/2021)

Ditempat terpisah, Muslimintan salah satu masyarakat yang tergabung dalam aksi penolakan mengatakan, banyak masyarakat yang terang-terangan menolak hadirnya PT SBM untuk menambang emas di Desa Lamuga ini.

“ Masyarakat Desa Lamunga pada dasarnya menolak penambangan emas oleh perusahaan, kalaupun ada yang mendukung dipastikan itu oknum masyarakat yang ingin mengambil keuntungan pribadi dari perusahaan,” tegas Mus.

Masih menurut Muslimin, keberadaan PT SBM dikhawatirkan akan berpotensi menimbulkan konflik ditengah-tengah masyarakat.

” Sebelum konflik itu terjadi, sebaiknya PT SBM mengurungkan niatnya toh juga mereka belum menyelesaikan kewajibannya terhadap pemilik awal konsesi ini,” tutup Muslimin.

Pantauan media ini dilapangan, sejumlah spanduk sudah terpasang diberbagai sudut Desa Seloto dan Lamungu, isi spanduknya hampir sama yaitu menolak PT SBM melakukan pertambangan di wilayah desa mereka.

READ  Progress Cukup Baik, Vaksinasi di Sumbawa Barat Capai 1.325 Dosis

 

Sebagai informasi, PT SBM yang merupakan anak perusahaan dari PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), sebelumnya pernah melakukan pertambangan di wilayah Bertong namun terhenti sampai eksplorasi karena kandungan mineralnya tidak bagus sehingga mereka harus ekspansi ke block lain.(FN)

Related posts

Tangani Dampak Sosial Ekonomi, Pemda KSB Tambah Jumlah Bantuan

Redaksi FocusNTB

Bupati Apresiasi Ikhtiar Gertakpedis Kecamatan Brang Rea

Redaksi FocusNTB

Hasil Survey Internal Golkar, Elektabilitas Pasangan Petahana Firin-Fud 87 Persen

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment