Focus NTB
NEWS SUMBAWA

Jumlah Penerima PKH Di KSB Capai 6.439

dr.H. Syaifuddin Naim Kadis Sosial KSB

FocusNTB, Sumbawa Barat — Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Sumbawa Barat pada tahun 2021 ini mencapai 6.439 KPM.

Berdasarkan data dari Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), terlihat adanya peningkatan jumlah penerima PKH dari tahun sebelumnya, hal tersebut memang karena adanya penambahan kuota penerima PKH yang di berikan oleh Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Sosial KSB, dr. Syaifuddin mengatakan pada media ini, kamis (22/04/2021), bertambahnya jumlah KPM penerima PKH bukan disebabkan oleh semakin banyaknya warga miskin. Melainkan cakupan PKH yang ditambah oleh Kementrian Sosial.

“Penambahan penerima PKH tahun ini mencapai 1.347 Calon Keluarga Penerima Manfaat. Setelah kami terima, dinas hanya bersifat melengkapi cakupan tersebut melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),” kata dr. Syaifuddin.

Selanjutnya, kata Kadis, setelah dilakukan pemutakhiran data untuk divalidasi, Sehingga dinas sifatnya ya melengkapi sesuai dengan kebutuhan cakupan itu.

Dengan bertambahnya jumlah penerima PKH, Dinsos langsung melakukan sosialisasi maupun pengecekan terhadap kondisi per KPM. Hal itu penting dilakukan agar tidak ada overlapping antara penerima PKH dengan penerima bantuan lain.

“Kalau penerima PKH sama dengan penerima BSP atau bantuan social pangan berupa beras. Tapi mereka sudah pasti bukan penerima bantuan Covid-19, Bantuan Sosial Tunai (BST) ataupun bantuan dari Bantuan Tidak Terduga Dana Desa (BTT DD),” terangnya.

Setelah dilakukan Validasi lapangan oleh Pendamping PKH, Calon Keluarga Penerima Manfaat menjadi 731 Keluarga Penerima Manfaat.

Selain adanya penambahan, lanjutnya, hingga bulan April 2021 ini juga tercatat sebanyak 140 KPM yang telah graduasi Mandiri dan sebanyak 53 KPM telah graduasi Alami.

READ  Tim Hukum AHY: Pelaku KLB Ilegal Deli Serdang Kalah Telak 0-4

“Jadi, total penerima PKH di KSB hingga saat ini mencapai 6.439 KPM,” pungkasnya.(FN/If)

Related posts

Pengurus Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah NTB Akan Gelar Rakorwil Bidang Internal

Redaksi FocusNTB

Faktor Jaringan, Dikbud KSB Sebut 11 SMP Tidak Bisa UNBK

Redaksi FocusNTB

Ketua RT 01 Lingkungan Pesanggrahan Gelar Ronda Malam

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment