Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Dinas PU KSB Segera Perbaiki Bendungan Lang Lempe di Jereweh

Kepala Bidang Sumber Daya Air PUPR KSB Yetty Andriani, SE

FocusNTB, Sumbawa Barat — Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), akan segera memperbaiki Bendungan Lang Lempe Kecamatan Jereweh. Bendungan tersebut jebol akibat diterjang banjir pada 15 Januari 2021 lalu.

Adapun kerusakan yang terjadi pada bendungan tersebut, yaitu sayap kiri dan kanan bendungan bagian hulu dan hilir.

“Terkait kerusakan bendungan akan kami tangani segera, mengingat dari sisi keberadaannya sangat vital dan saat ini petani memasuki musim tanam kedua” ungkap Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Pekerjaan Umum, Yetty Andriani SE saat dikonfirmasi media ini diruang kerjanya, Senin (26/4/2021).

Bendungan tersebut, menurutnya menjadi attensi pemerintah lantaran keberadaannya dimanfaatkan oleh petani setempat untuk mendukung ketersediaan air dalam rangka musim tanam.

Bendungan Lang Lempe Kecamatan Jereweh yang jebol diterjang banjir

“Keberadaan bendungan itu sangat vital, sehingga secepatnya kami tangani karena MT-II untuk 2021 wilayah tersebut sudah mulai bergulir,” Jelas Kabid Yetti.

Ia menambahkan, bahwa terakhir Pemda memberikan sentuhan fisik pada bendungan itu di tahun 2018 dengan merehab tubuh bendung.

Lebih lanjut Kabid Yetti mengungkapkan, diharapkan para petani agar bersabar dan sambil menunggu Dinas PU khususnya Bidang Sumber Daya Mineral menyiapkan langkah-langkah tekhnis.

“Karena ini sifatnya urgen maka kami akan tangani segera, kami akan menurunkan satu alat berat sehingga dalam proses perbaikannya dapat tertangani secara afektif dan efisien,” beber Kabid Yetti.

Masih keterangannya, kerusakan yang terjadi menjadi perhatian, tentunya disesuaikan dengan keuangan dan kemampuan daerah.

“Kami sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah, mengingat ada refocusing anggaran ditengah pemerintah daerah berjibaku melawan pandemi Covid-19,” pungkasnya.

READ  TNI-Polri di Sumbawa Gelar Patroli Pendisiplinan Penegakan Prokes Covid-19 Dan Imbauan PPKM Mikro

Untuk diketahui, sebelumnya Bendungan Lang Lempe sempat diperbaiki oleh warga setempat secara swadaya dengan menggunakan peralatan seadanya.(Fn-Kf)

Related posts

KSB Belum Ditetapkan Zona Hijau, Siswa Belajar Dari Rumah

Redaksi FocusNTB

Bupati Letakkan Batu Pertama Pembangunan Tambak Udang di Desa Kiantar

Redaksi FocusNTB

Ucapan Selamat Kepala Badan Pendapatan dan Aset Sumbawa Barat

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment