Focus NTB
NEWS SUMBAWA

Disos KSB Terus Lakukan Pendampingan Terhadap ABH dan AMPK

FocusNTB, Sumbawa Barat — Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat (Disos KSB) tetap insten melakukan pendampingan terhadap Anak Berhadapan Hukum (ABH) dan Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK).

Kepala Dinas Sosial, dr. Syaifuddin melalui Sekretaris Dinas, Suryaningsih S.Sos mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya (Dinas Sosial) telah mendampingi sebanyak 26 orang anak yang ABH maupun AMPK.

“Hingga bulan april tahun ini, kami telah mendampingi sebanyak 26 anak dengan latar kasus yang berbeda-beda, ada Korban kekerasan, pelecehan seksual hingga pelaku tindak pidana pencurian,” jelasnya, kamis (29/4/2021).

Dinas Sosial juga, lanjutnya, tidak hanya mengurus permasalahan anak, akan tetapi pihaknya juga menangani permasalahan lainnya seperti penyandang disabilitas salah satunya disabilitas mental atau orang dengan gangguan jiwa.

“Kemudian, selain itu, kami juga menangani permasalahan lansia terlantar, gelandangan dan pengemis,” imbuh Sekretaris Dinas selaku PPID tersebut.

Untuk mempercepat penjangkauan kasus yang ada, Dinas Sosial telah membentuk Tim Respon Cepat yang bertuy untuk memperdalam permasalahan kesejahteraan sosial melalui Sapta Utama Kesos.

“Kami memberikan penanganan sekiranya kasus yang ditemukan memerlukan layanan rehabilitasi sosial dasar sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Bidang Sosial,” tutupnya

Untuk diketahui, ada 26 laporan yang masuk Ke Dinas Sosial dalam kasus permasalahan anak, dimana 10 diantaranya terkait masalah hukum baik sebagai korban, saksi maupun pelaku sedangkan 16 lainnya yakni masalah anak yang terlantar, sedangkan untuk tahun 2020 lalu masalah anak mencapai 76 laporan.(FN/Kf)

READ  Bawaslu KSB Petakan Titik Rawan Pilkada Dari Tingkat TPS

Related posts

Tata Cara Sholat Hajat Lengkap dengan Doanya yang Mustajab

Redaksi FocusNTB

Vocalis Bila Band Asal NTB Mengakhiri Masa Lajang

Redaksi FocusNTB

Ummi Rohmi : PPKM Berbasis Desa Harus Disukseskan

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment