Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Peringati May Day, Disnakertrans KSB Gandeng Serikat Pekerja dan Santuni Anak Yatim Piatu

FocusNTB, Sumbawa Barat — Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), gandeng sejumlah Serikat Pekerja memperingati May Day (hari buruh) sedunia yang jatuh pada 1 Mei 2021.

Kegiatan May Day kali ini bertempat di Vescobar Cafe dan Resto Kecamatan Taliwang KSB yang disertai hiburan musik dan hadiah kejutan (door prize) kepada tamu undangan yang hadir.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja Disnakertrans KSB, Tohirudin SH mengatakan kepada media ini, Sabtu (1/5/2021), bahwa Pelaksanaan May Day 2021 dihajatkan untuk merayakan hari buruh se-dunia yang jatuh pada tanggal 1 Mei 2021. Serikat pekerja perlu wadah untuk menyampaikan aspirasi dalam rangka penataan masalah ketenagakerjaan yang sangat kompleks di KSB.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja Disnakertrans KSB, Tohirudin SH bersama Serikat Pekerja KSB

Lanjut Tohir akrab Kabid ini disapa, Pemerintah hadir memfasilitasi perayaan May Day 2021 melalui kegiatan yang positif, mengingat saat ini kita dalam situasi penanganan pandemi Covid-19 dan bulan puasa.

“May Day tahun 2021 kita merangkul semua pihak agar bersama-sama melakukan pemantauan, sekaligus mendekatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat di setiap kecamatan,” jelas Tohirudin.

Kegiatan May Day di KSB, kata Tohir, dilaksanakan dengan menerapkan standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dalam kegiatan ini juga, ada sesi diskusi antara tenaga kerja KSB, tenaga kerja Provinsi NTB melalui Balai Pengawasan Norma dan K3 Pulau Sumbawa.

“Serikat Pekerja membahas isu dan kondisi tenaga kerja di KSB serta mengupdate informasi berkaitan pemeriksaan khusus pengawas terkait kecelakaan kerja yang terjadi beberapa waktu terhadap karyawan PT McMahon yang notabene subkontraktor PT AMNT,” tandasnya.

Tohir juga menambahkan, dalam kesempatan tersebut Disnaker KSB menyerahkan SK dan spanduk pembentukan cabang posko konsultasi dan aduan pembayaran THR keagamaan kepada camat se-KSB dan ketua serikat pekerja/serikat buruh yang tercatat pada Disnaker KSB.

READ  Wagub Ajak Seluruh Pihak Lebih Optimal Lestarikan Rinjani

“Selain itu, pada momentum May Day 2021 Pemerintah Daerah melalui Disnakertrans, serikat pekerja/serikat buruh menyampaikan duka cita atas kecelakaan kerja yang merenggut nyawa salah satu pekerja (buruh) di tambang batu hijau,” pungkas Kabid yang dikenal murah senyum ini.

Pada akhir acara, Disnaker KSB mengajak parah buruh dan tamu memberi santunan kepada anak yatim dari Panti Asuhan Baitujanati (Pakirum) KSB. Adapun bentuk kegiatannya seperti ngabuburit, pembagian takjil dan masker kepada masyarakat, buka puasa bersama Pemda KSB, Polres KSB, serikat buruh KSB dan sejumlah pengusaha.

Adapun sejumlah pihak yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Mau Day antara lain, Pj Sekda KSB yang diwakili Asisten Setda KSB, Waka Polres Sumbawa Barat dan jajaran, Kabid HI dan Perlindungan Tenaga Kerja KSB, Kepala Balai Pengawasan Norma dan K3 Pulau Sumbawa, Agus Gole dan jajaran, Sekretaris DPC SPN Sumbawa Barat Ranjuliarda dan anggota, PC SPSI Sumbawa Barat dan anggota, DPI SPAT Samawa Andre Mawo Gili dan Agus Kurniawan, Ketua DPC SBSI KSB Malikurahman, perwakilan PT Amman mineral Nusa Tenggara Livi Olivia, PT Trakindo Utama Johan Untung, 40 warga Panti Asuhan Baitujanati, buruh nonserikat pekerja/serikat buruh tambang dan nontambang dan Kepala Kecamatan se-KSB. (Fn-Kf)

Related posts

Pembekalan Siswa Siswi MAN 1 Taliwang, Kasdim 1628/KSB : Generasi Muda Harus Ikut Berperan Aktif Kampanyekan Prokes Covid-19

Redaksi FocusNTB

Pemda Sumbawa Barat Cukup Kooperatif Menyikapi Tuntutan Pendemo

Redaksi FocusNTB

Di Kegiatan Gebyar Merah Putih, Dinas Kesehatan KSB Sosialisasi 6M

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment