Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Pendamping PKH Bertujuan Entaskan Kemiskinan

Kepala Dinas Sosial KSB dr. Syaifuddin

FocusNTB, Sumbawa Barat — Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dr. Syaifuddin mengatakan bahwa pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) memiliki peran yang sangat penting dalam pengentasan kemiskinan di tanah pariri lema bariri ini.

Sebab, menurutnya, para pendamping memiliki loyalitas, dedikasi, dan kompetensi yang andal dalam melaksanakan Program dari Kementerian Sosial tersebut.

“Faktor keberhasilan Pendamping PKH dalam mengentaskan kemiskinan di daerah kita tidak dapat diragukan lagi. Hal tersebut terlihat dari peningkatan angka graduasi mandiri dan alami dari Keluarga Penerima Manfaat,” katanya saat diwawancarai media, senin (3/5/2021).

Apalagi, lanjutnya, Kementerian Sosial saat ini telah menyiapkan kegiatan untuk lebih meningkatkan kompetensi bagi para pendamping melalui berbagai macam diklat agar target penurunan angka kemiskinan dapat meningkat.

Adapun guna menjangkau diklat yang lebih luas dan cepat, Kemensos kini menerapkan proses pembelajaran melalui e-learning, lokakarya, coaching untuk para fasilitator, pengelola dan admin terkait.

“Diklat ini sejalan dengan program pemerintah pusat yang sedang berupaya membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dalam mewujudkan Indonesia maju,” ujar dr. Syaifuddin.

Tak hanya itu, diungkapkan olehnya, bahwa para pendamping PKH ini memiliki SK dari pusat karena yang melakukan perekrutan dan seleksi langsung dari Kementerian Sosial dan bukan daerah.

“Ada 20 pendamping PKH yang tersebar di 8 Kecamatan di Kabupaten Sumbawa Barat, 2 Admin dan 1 Kordinator Kabupaten. Jadi semuanya berjumlah 23 orang yang siap mendampingi KPM untuk mengentaskan kemiskinan,” pungkasnya.(Fn-Kf)

READ  Sinergitas TNI-Polri Sumbawa Barat, Patroli Skala Besar Operasi Yustisi

Related posts

Program Firin-Fud Pro Rakyat, Masyarakat Seran dan Rempe Pilih Lanjutkan Dua Periode

Redaksi FocusNTB

Lepas 400 Prajurit TNI Pengamanan RI-Timor Leste, Gubernur: Menjaga Negara adalah Misi Mulia

Redaksi FocusNTB

Ucapan Selamat Kepala Badan Pendapatan dan Aset Sumbawa Barat

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment