Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Wabup Rakor Dengan Mendagri Secara Virtual, Bahas Penanganan Covid-19

FocusNTB, Sumbawa Barat – Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST. didampingi oleh Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) hadiri rapat koordinasi (rakor) dengan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri), Tito Karnavian melalui video conference dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan dan penanganan Covid-19 di daerah, pada Senin (03/05/2021), pagi bertempat di Ruang Rapat Utama Graha Fitrah, KTC.

Menjelang peringatan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Mendagri berharap agar setiap Kepala Daerah dapat turut serta mensosialisasikan imbauan larangan mudik kepada masyarakat.

Kepala Daerah diharapkan dapat memiliki dan menyampaikan 1 (satu) narasi yang sama dengan narasi yang disampaikan oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo yakni larangan mudik sehingga lonjakan kasus dan kurva pernularan Covid-19 di daerah dapat ditekan mengingat momen libur panjang peringatan Idul Fitri.

Hingga kini, protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di daerah-daerah sudah mulai kendor baik pada aktivitas keagamaan, aktivitas perkantoran, tempat-tempat perbelanjaan, dan lain sebagainya. Konsisten terhadap protap harus dilaksanakan, pengetatan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak), 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) harus digencarkan lagi. Posko-posko Covid-19 harus ada di tingkat Provinsi, di tingkat Kabupaten, bahkan hingga di tingkat terkecil (RT/RW).

Di sisi lain, Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 H tetap dilakukan dengan pembatasan-pembatasan dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. Meski demikian, pelaksanaan Sholat Idul Fitri disarankan untuk dilakukan di rumah dan kegiatan halal bihalal dilakukan dengan keluarga-keluarga inti saja dengan tidak terlepas dari pelaksanaan protap.

Menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, mengungkapkan bahwa kasus aktif nasional lebih rendah dibandingkan kasus aktif global. Meski demikian, angka kematian pada bulan Februari-April di Indonesia belum berhasil di bawah angka 2.7%.

READ  Ibu-ibu Himpunan Majelis Muslimah Maluk (HM3) Dukung Haji Firin Dua Periode

Selain itu, tenaga-tenaga kesehatan yang juga mengalami gejala Covid-19 perlu diberikan atensi dan perlindungan. “Mohon diberikan prioritas dan fasilitas kesehatan yang memadai terhadap tenaga-tenaga kesehatan kita,” singkat Kepala BNPB.(FN)

Related posts

TNI-Polri dan Instansi Terkait Gelar Operasi Yustisi Penegakan Protokol Kesehatan Covid-19

Redaksi FocusNTB

Hebohkan Netizen, Warga Brang Ene Temukan Mayat Bayi Terkubur

Redaksi FocusNTB

Dikbud KSB Terima DAK 7,8 Milliar Untuk Jenjang SD

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment