Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Kelurahan Bugis Deklarasi Tuntas Pilar 4 dan 5, Camat Taliwang Apresiasi Penuh

FOTO. Lurah Bugis Zulkifli Abbas, SE saat melaksanakan naskah deklarasi bersama Camat Taliwang Aku Nur Rahmadin, S.Pd yang disaksikan oleh Ketua TP PKK Hj. Hanifah Musyafirin, S.Pt

FocusNTB, Taliwang — Pemerintah Kelurahan Bugis Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat sukses menggelar deklarasi tuntas Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) pada, Kamis (03/06/2021). Kesuksesan deklarasi tuntas STBM tidak lepas dari kegigihan dan kreatifis Lurah Bugis dalam mensinergikan seluruh unsur.

Kegiatan deklarasi ini bertempat di Lapangan Bage Loka, dimana deklarasi tuntas STBM khususnya pilar 4 dan 5 di bacakan langsung oleh Lurah Bugis Zulkifli Abbas, SE yang di ikuti oleh seluruh ASN, PTT dan Agen PDPGR se-Kelurahan Bugis,

Deklarasi tersebut dihadiri sejumlah koordinator dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Camat Taliwang, Lurah Bugis dan staf, anggota Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR), TNI dan Polri serta warga setempat.

Sementara itu Lurah Bugis Zulkifli Abbas, SE dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja siang dan malam, bahu membahu, memberikan tenaga dan pikiran bahkan materil untuk mendukung program pemerintah dalam menuntaskan semua pilar STBM khususnya pilar 4 dan 5.

Lurah Bugis Zulkifli Abbas, SE saat menyampaikan kata sambutan

“Ucapan terimakasih ini saya sampaikan, terutama kepada ASN, PTT, agen PDPGR, Kaling, RT, Babinsa, Bhabinkabtimas dan semua warga masyarakat kelurahan Bugis. Alhamdulillah manfaat program 100 hari Bupati Sumbawa Barat yaitu tuntas STBM, sehingga terjadi perubahan prilaku warga menjadi lebih baik, sehat dan bersih,” jelasnya.

Selain itu, Zulkifli sangat bangga atas program yang dicanangkan oleh Bupati KSB, melalui program STBM menjadikan warga semakin sadar akan pentingnya membudayakan pola hidup bersih dan sehat.

READ  Dandim 1628/SB Bersama Bupati Sumbawa Barat Hadir Lauching Pompa Hidram Tahap II Dan Deklarasi Gerakan Jaga Alam Dan Air

“Sungguh luar biasa out put program STBM pilar 4 dan 5 ini, warga yang dulunya menyepelekan masalah kebersihan, kini kesadaran masyarakat semakin terbuka bahwa dengan menjaga kebersihan maka kualitas hidup warga semakin baik,” ujar Zulkifli.

Program ini juga, tambah Lurah Bugis, menjadi ajang silaturrahmi dan menghidupkan kembali semangat gotong royong dengan ASN, PTT dan semua unsur.

Ia juga mengapresiasi semangat yang diberikan oleh semua pihak yang terlibat sehingga 1.149 rumah di 5 lingkungan di Kelurahan Bugis dapat mencapai tuntas STBM pilar ke 4 dan 5.

“Kelurahan Bugis sendiri untuk Pilar 4 sudah mencapai 97 persen, sementara pilar 5 mencapai 98,05 persen, setelah dirata-rata mencapai 98 Persen. Sedangkan yang sisa 2 persen akan secepatnya dituntaskan,” paparnya.

Dalam sambutannya, Zulkifli berkomitmen akan menuntaskan pilar 4 dan 5 yang tersisa 2 persen sebelum deklarasi tuntas STBM tingkat kecamatan digelar pada tanggal 10 Juni 2021 mendatang.

“Terimakasih kepada semua pihak, khususnya ASN dan PTT yang telah memberikan sumbangsih tenaga dan dana untuk membantu warga dalam menuntaskan STBM. Dan pencapaian yang kita diraih ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga kebersihan dan rasa nyaman di Kelurahan Bugis semakin baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Taliwang Aku Nur Rahmadin, S.Pd mengakui sangat bangga dan mengapresiasi kelurahan Bugis yang begitu kompak dan semangat dalam mendukung program 100 Hari kerja Bupati Dan Wakil Bupati sumbawa Barat.

“Alhamdulillah, keberhasilan kelurahan Bugis dalam menyukseskan program STBM pilar 4 dan 5 adalah ujung tombak sukses dan tidaknya STBM di tingkat kecamatan,” Ucap Camat Takota akrab disapa warga.

Kepala Kecamatan (Camat) Taliwang Aku Nur Rahmadin, S.Pd

Selain itu, ia juga berpesan kepada masyarakat agar menjaga apa yang telah dicapai dan menghargai usaha yang telah dilakukan oleh ASN dan PTT selama ini.

READ  Seluruh Kecamatan di KSB Tuntas STBM, Poto Tano Terakhir Deklarasi

“Jangan puas dengan apa yang kita capai saat ini, karena ini bukan akhir melainkan awal dari perjuangan kita untuk menjadikan Sumbawa Barat ini daerah yang lebih baik dan maju kedepannya,” ujar Camat.

Pantauan media Focus NTB, pada saat dilaksanakan naskah deklarasi di saksikan pula oleh Ketua TP PKK Kabupaten Hj. Hanifah Musyafirin, Ketua Pokja STBM Benny Tanaya Darwis, Asisten III, Kepala Dinas koperindag, Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas Sosial. (Fn-Kief)

Related posts

Pembekalan Siswa Siswi MAN 1 Taliwang, Kasdim 1628/KSB : Generasi Muda Harus Ikut Berperan Aktif Kampanyekan Prokes Covid-19

Redaksi FocusNTB

Kampanye Di Telaga Bertong, Haji Firin Luruskan Persoalan Tambang Olat Samoan

Redaksi FocusNTB

Dirut Perusda KSB Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment