Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Desa Tamekan Deklarasi Tuntas Pilar 4 dan 5, Kades Yulhaidir : Warga Semakin Sadar Pentingnya Kebersihan

Kepala Desa Tamekan Yulhaidir saat menyampaikan kata sambutan

FocusNTB, Sumbawa Barat – Deklarasi tuntas Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kembali dilakukan oleh Desa Tamekan Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Minggu (6/6/2021).

Kesuksesan deklarasi tersebut, lahir berkat kerjasama yang baik antara Pemdes Tamekan bersama seluruh ASN, PTT, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa serta agen PDPGR Desa Tamekan.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Tamekan, Yulhaidir mengapresiasi sinergitas dan kekompakan ASN, PTT, warga, Anggota PDPGR, kepala lingkungan, ketua RT, TNI dan Polri yang turut serta mensukseskan pencapaian tuntas Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

 

“Ini sangat kita apresiasi, seluruh pihak telah bahu membahu dan bekerja keras dalam mendukung program 100 hari kerja Bupati, sehingga pilar 4 yaitu pengelolaan sampah dan pilar 5 pengelolaan limbah cair rumah tangga tuntas kita laksanakan,” jelas Kades dalam sambutannya.

Ia mengakui, bahwa melalui program 100 hari Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat dalam menuntaskan STBM ini membuat warganya sadar betapa pentingnya kebersihan dan merubah perilaku menjadi bersih.

“Program STBM ini, khususnya pilar 4 dan 5 ini sangat terasa sekali manfaatnya bagi warga. Warga semakin menyadari betapa pentingnya hidup sehat baik bagi diri sendiri, maupun bagi lingkungan tempat tinggal,” papar Kades.

Kepada semua pihak, lanjut Kades, ucapan terimakasih khususnya ASN dan PTT yang telah memberikan sumbangsih tenaga dan dana untuk membantu warga dalam menuntaskan STBM.

“Jujur saya katakan, warga sangat bersemangat dengan kehadiran ASN dan PTT yang hadir ditengah-tengah masyarakat dan turut serta mengambil bagian dalam menyukseskan pilar 4 dan 5 STBM ini. Dengan kehadiran ASN dan PTT ini harus diakui, angka partisipasi warga menjadi tinggi,” pungkas Kades

READ  Kampanye Di Telaga Bertong, Haji Firin Luruskan Persoalan Tambang Olat Samoan

Selain itu, Kades berharap ke depan, agar pencapaian yang diraih ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan sehingga kebersihan dan rasa nyaman di Desa Tamekan terus tercipta.

“Ini harus kita pertahankan, terimakasih pak Bupati yang telah menginspirasi kami sehingga kebersihan dan rasa nyaman bisa tercifta di desa kami,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Taliwang mengimbau warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 sehingga tidak terjadi klaster-klaster baru.

“Anggota memastikan bahwa dalam kegiatan deklarasi harus mematuhi protokol kesehatan,” ujar Kapolsek Taliwang, AKP Fatoni melalui Kasi Humas Ipda Eddy Soebandi SSos di Taliwang, Senin.

Selain itu, Eddy juga mengimbau warga agar tetap berhati-hati dan menjaga kondusifitas di lingkungan masing-masing, sehingga lingkungan aman dan damai.

Deklarasi tersebut dihadiri oleh Asisten III Setda Sumbawa Barat Agus Hadnan S.Pd, Kepala Dinas Sosial KSB, Camat Taliwang, Danramil Taliwang, Kepala Puskesmas, Staf Khusus Bupati, Tim Pokja Verifikasi STBM Sumbawa Barat, sejumlah koordinator dari Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR), TNI dan Polri serta warga setempat.(Mn/Kief)

Related posts

Ulama Besar Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia

Redaksi FocusNTB

Seorang Guru Ngaji di Jereweh Tega Cabuli Dua Anak Muridnya

Redaksi FocusNTB

Perpres Pengembangan Destinasi Prioritas di NTB Sedang Dimatangkan

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment