Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Benny Tanaya : KSB Akan Jadi Kabupaten Pertama di Indonesia Menuntaskan 5 Pilar STBM

FOTO. Ketua Tim Verifikasi STBM KSB, Benny Tanaya, S.Ap

FocusNTB, Sumbawa Barat — Deklarasi tuntas Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) pilar 4 pengolahan sampah dan pilar 5 pengolahan limbah cair rumah tangga Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dijadwalkan digelar awal Juni mendatang.

Menurut Ketua Tim Verifikasi STBM KSB, Benny Tanaya, S.Ap, bahwa deklarasi tuntas STBM tingkat kabupaten direncanakan dihadiri oleh Menteri Kesehatan dan United Nations Children’s Fund (UNICEF).

“Kami akan selesaikan dulu satu kecamatan yang belum deklarasi, yaitu Kecamatan Poto Tano yang saat ini sedang proses verifikasi dan sedang persiapan deklarasi tuntas STBM pilar 4 dan 5,” ungkap Benny Tanaya, S.Ap saat dikomfirmasi media Focus NTB, Jum’at (18/06/2021).

Benny Tanaya terbilang sangat aktif meninjau progres STBM dilapangan, khususnya pilar 5

Setelah rampung 8 kecamatan deklarasi, kata Benny Tanaya, Tim verifikasi provinsi juga segera turun ke KSB. Dijadwalkan tim dari Provinsi NTB akan ke lapangan, diperkirakan 25 Juni 2021 dan akan melaksanakan verifikasi di KSB selama 3-4 hari.

“Nanti setelah diverifikasi dari provinsi, kita jadwalkan langsung deklarasi kabupaten akan dilaksanakan pada awal Juni. Saat ini rata-rata pencapaian tuntas pilar 4 dan 5 ini sekitar 94 persen,” ujar Benny akrab Stafsus ini disapa.

Lebih lanjut Benny menjelaskan, penuntasan pilar 5 STBM dilakukan secara bertahap sejak tahun 2016 lalu. Pada tahun tersebut KSB melakukan jambanisasi dan berhasil meraih predikat sebagai satu-satunya kabupaten yang meraih open defecation free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan.

Sementara pada tahun 2018, ucap Benny, KSB mulai menuntaskan pilar kedua dan pilar ketiga STBM, yaitu cuci tangan dengan sabun dan pengolahan air minum rumah tangga. Dua pilar itu berhasil dituntaskan tahun 2019.

READ  Penerima PKH Tahap 3 Di KSB Capai 6.756 KPM

 

Tahun 2021 ini kembali KSB berusaha menggenjot STBM pilar empat dan pilar lima yang ditargetkan tuntas dalam 100 hari jabatan Bupati dan Wakil Bupati KSB pada periode kedua.

“Alhamdulillah progres penuntasan STBM ini terus berjalan baik dan kita bersyukur Bupati dan Wakil Bupati sekarang terpilih lagi, sehingga program STBM ini terus berlanjut hingga mencapai target tuntas semuanya,” kata Benny.

Jika lima pilar tuntas, maka KSB akan kembali mengukir prestasi. Yaitu menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Indonesia berhasil menuntaskan lima pilar STBM.

“Out put dari program STBM sangat terasa, kita bisa melihat kebiasaan atau prilaku masyarakat lebih bersih. Lingkungan juga bersih, tidak ada sampah berserakan, tidak ada lagi limbah rumah tangga yang mengalir. Ini akan bermuara pada tingkat kesehatan masyarakat yang semakin baik,” pungkasnya.(Fn-If)

Related posts

Pastikan Pembeli dan Pedagang Memakai Masker, Wabup Sidak Pasar Tana Mira

Redaksi FocusNTB

Kadis Dikbud KSB : “Penerimaan Peserta Didik Baru Tanpa Pungli Sepeserpun”

Redaksi FocusNTB

Bupati Pimpin Rapat Pembangunan Bandara, Berharap Sektor Pariwisata dan Ekonomi KSB Meningkat

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment