Focus NTB
HEADLINE NEWS

Deklarasi Tuntas Pilar 4 dan 5 Kecamatan Seteluk Digelar, Camat Taufik Dorong Kades Buat Perdes STBM

FocusNTB, Sumbawa Barat –Dalam rangka mensukseskan Program 100 Hari Kerja Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Pemerintah Kecamatan Seteluk akhirnya mendeklarasikan diri tuntas Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) pilar 4 yaitu pengelolaan sampah dan pilar 5 pengelolaan limbah cair rumah tangga pada, Kamis (17/6/2021).

Kegiatan deklarasi bertempat di lapangan Sepak Bola Desa Seteluk Tengah yang dimulai pukul 09.30 Wita. Nampak ratusan tamu hadir meramaikan acara, dan disuguhkan berbagai macam penampilan tarian dan nyanyian serta atraksi unik dari warga Kecamatan Seteluk.

Sementara itu, Camat Seteluk Taufik Hikmawan menyampaikan dalam sambutannya bahwa terhitung sejak 3 April 2021 berdasarkan instruksi Bupati KSB, pihaknya langsung bekerja dan mendata serta berperan aktif di masyarakat dalam menuntaskan pilar 4 dan pilar 5 STBM.

“Di Kecamatan Seteluk terdapat 4.866 rumah dan per hari ini telah berhasil mencapai di angka 98,11 persen. Kita optimis sisanya akan segera dituntaskan sebelum deklarasi tingkat kabupaten dilaksanakan,” Jelas Camat yang dikenal berjiwa sosial tinggi ini.

Selain itu, jelasnya, dalam mempertahankan pilar-pilar STBM ini, Ia meminta para kepala desa untuk membuat peraturan desa tentang STBM sehingga warga dapat menjaga dan terus meningkatkan 5 pilar tersebut.

“Diharapkan kepada semua Kepala Desa, agar pilar-pilar STBM semakin kokoh ditengah masyarakat untuk dibuat Perdesnya,” Harapnya.

Dalam kesempatan itu, Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga, ASN PTT, agen PDPGR, Kepala Dusun dan Ketua RT serta TNI Polri yang telah ikut mensukseskan pencapaian tuntas STBM.

“Deklarasi ini murni dari swadaya ASN dan sejumlah pihak seperti perusahaan dan Alfamart yang ikut mendukung acara deklarasi ini, saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati KSB Fud Syaifuddin, ST mengucapkan terimakasih kepada ASN, PTT dan Agen PDPGR, Kepala Desa, Kepala Dusum dan ketua RT serta TNI Polri yang telah bekerja keras dan turut serta dalam mensukseskan program STBM.

READ  Kapolres Apresiasi Sinergitas TNI-Polri Dengan Awak Media Sumbawa Barat

“Saya bangga antusias warga Seteluk sangat luarbiasa, ternyata ada yang lebih luar biasa dari kecamatan lain yaitu Kecamatan Seteluk,” jelas Bang Fud akrab Wabup KSB disapa

Lanjut Bang Fud, penyambutan warga Kecamatan Seteluk sangat luar dan ini harus diapresiasi. Konsep penyambutannya seperti orang yang melaksanakan lamaran pernikahan.

“Warga Seteluk sangat luar biasa Saya yakin masyarakat Seteluk dapat menjaga dan meningkatkan pencapaian STBM dan juga sangat mematuhi protokol kesehatan,” katanya.

Ia juga menambahkan, kesyukuran kita pada hari ini dimana adanya ASN dan PTT bersatu padu dengan semua elemen masyarakat, hal ini membuktikan bahwa gotong royong ini sangat luar biasa sehingga Kecamatan Seteluk mencapai hasil paling tinggi dari kecamatan lainnya yaitu rata-rata mencapai 95,83 persen.

Selain itu, Bang Fud juga menaruh harapan, agar warga Seteluk dapat mempertahankan dan terus meningkatkan pencapaian STBM sehingga mencapai 100 persen sebelum deklarasi Kabupaten.

“Program ini akan memberikan kebiasaan baik bagi masyarakat, merubah prilaku masyarakat sehingga terbiasa hidup bersih. Apalagi salah satu Desa di Kecamatan Seteluk yaitu Desa Seteluk Tengah telah tuntas pilar 4 yaitu pengelolaan sampah mencapai 100 persen dengan hasil memuaskan,” ulas Bang Fud.

Untuk diketahui, bahwa program STBM khususnya pilar 4 dan pilar 5 selain mengubah prilaku masyarakat agar hidup bersih, juga untuk mendukung 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat.

Adapun yang turut hadir dalam deklarasi yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Kecamatan Seteluk antara lain; Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin ST, Dinas instansi terkait, para ASN, PTT, Agen Program Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR), TNI Polri serta perwakilam warga dari 10 desa di Kecamatan Seteluk.(FN-Kief)

READ  DPC MOI KSB dan A87 Gelar Rapat Koordinasi, Matangkan Kegiatan Bhakti Sosial

Related posts

Bila Hilangnya Moralitas Hukum (Sebuah Tinjauan)

Redaksi FocusNTB

Bhayangkari Polres KSB Gelar Lomba Hafidz Al-Qur’an Sambut Pergantian Tahun

Redaksi FocusNTB

Bappeda dan Litbang Sumbawa Barat Mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia Ke-76 Tahun

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment