Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Sukseskan Program 100 Hari Kerja Bupati, Desa Kelanir Deklarasi Tuntas Pilar 4 dan 5 STBM

FOTO. Kegiatan deklarasi Tuntas pilar 4 dan 5 STBM Desa Kelanir Kecamatan Seteluk

FocusNTB, Sumbawa Barat — Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan program 100 hari kerja kepemimpinan Bupati pada masa jabatan periode kedua (2020-2024). Beberapa waktu lalu, Pemerintah Desa Kelanir Kecamatan Seteluk sukses menggelar deklarasi tuntas STBM Pilar 4 dan 5 yang dilaksanakan pada, Senin (07/06/2021).

Program STBM kali ini fokus terhadap penuntasan pilar 4 dan pilar 5. Dimana Pilar 4 adalah penuntasan pengolahan limbah sampah rumah tangga, sedangkan pilar 5 adalah penuntasan pengolahan limbah cair rumah tangga.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Kelanir Muslihin melaporkan, tingkat atau persentase ketuntasan untuk pilar 4 mencapai 100% dan pilar 5 mencapai 98%.

Terlihat seluruh tamu undangan yang hadir sangat antusias mengikuti kegiatan deklarasi tuntas pilar 4 dan pilar 5 STBM

“Itu artinya, dari total 446 rumah yang terdapat di desa Kelanir, terhitung 446 rumah tuntas pilar 4 dan 436 rumah tuntas pilar 5 dan masih tersisa 10 rumah yang belum tuntas untuk pilar 5,” Jelas Kades Muslihin.

Selain itu, lanjut Kades Muslihin, Desa Kelanir menjadi desa ketiga yang deklarasi di Kecamatan Seteluk kabupaten Sumbawa Barat setelah Desa Lamusung dan Tapir.

“Patut kita syukuri, ini semua berkat kerjasama dan sinergitas yang baik antara semua pihak, sehingga desa yang kita cintai ini berhasil mendeklarasikan diri urutan ketiga tuntas pilar 4 dan 5 STBM,” pungkasnya.

Sementara Camat Seteluk, Taufik Hikmawan, S.PSi.,M.Si menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada ASN, PTT, Pemerintah Desa, serta tim PDPGR Desa Kelanir yang telah berusaha keras menjadi motor penggerak dalam menuntaskan program STBM ini.

Camat Seteluk Taufik Hikmawan, S.PSi.,M.Si saat foto bersama Kades Kelanir, Aparatur Desa Kelanir, ASN dan Agen PDPGR

“Terimakasih atas kerjasama yang baik ini, tanpa partisipasi dan peran aktif dari saudara semua mustahil deklarasi tuntas pilar 4 dan 5 STBM sukses dilaksanakan,” tandasnya.

READ  Sinovac Dinyatakan Aman untuk Anak 12-17 Tahun, Vaksinasi Segera Dimulai

Ia juga menghimbau, supaya masyarakat khususnya di Desa Kelanir untuk tetap menjaga dan melakukan ke lima pilar STBM tersebut, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari

“Artinya, bukan hanya sebelum acara deklarasi ini dilaksanakan, namun seterusnya agar diamalkan dalam kehidupan sehari-hari untuk membentuk polah hidup bersih dan sehat,” harapnya.

Diakhir sambutan Camat Seteluk menyampaikan, bahwa program STBM ini akan dimasukkan ke dalam rekor MURI. Saat ini sedang diupayakan oleh Pemda KSB dengan pihak rekor MURI.

“Tentu ini sangat relevan, mengingat Kabupaten Sumbawa Barat merupakan satu satunya kabupaten/kota di Indonesia yang pertama tuntas STBM sampai lima pilar yang ditetapkan WHO,“ Ujar Camat Seteluk.

Dipenghujung acara dilakukan pembacaan naskah deklarasi yang dipimpin oleh Kades Kelanir dan diikuti oleh seluruh tamu undangan yang hadir. Terlihat masyarakat sangat antusias dan sungguh-sungguh untuk menerapkan isi dari naskah deklarasi yang dibacakan oleh Kades Muslihin tersebut.(FN-Kief)

Related posts

Tim Puma Angkut 18 Motor Curian

Redaksi FocusNTB

Vocalis Bila Band Asal NTB Mengakhiri Masa Lajang

Redaksi FocusNTB

PDI-P Sumbawa Barat Target 6 Kursi di Pileg 2024

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment