Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Warga Kompak, Pilar 4 STBM Desa Seteluk Tengah Tuntas 100 Persen

FOTO. Kepala Desa Seteluk Tengah, Jaya Putra dalam sesi wawancara dengan sejumlah awak media

FocusNTB, Seteluk — Pemerintah Desa Seteluk Tengah, Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dinyatakan 100 persen telah menuntaskan pilar 4 STBM. Hal itu didasarkan pada hasil penilaian tim verifikasi Pokja STBM KSB.

Keberhasilan 100 persen menuntaskan pilar 4 STBM ini menjadi sebuah prestasi bagi Desa Seteluk Tengah dengan jumlah 1.144 rumah tangga.

Sementara Kepala Desa Seteluk Tengah, Jaya Putra menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang diraih Desa Seteluk Tengah sebagai desa yang menuntaskan 100 persen pilar 4 pengelolaan sampah rumah tangga (PSRT).

“Prestasi kami raih saat ini tidak lepas dari kerja keras dan kekompakan warga dalam gotong royong, dimana warga saling bahu membahu saat dilapangan. Semangat yang digelorakan warga sangat selaras dengan motto daerah iklhas, jujur dan sungguh-sungguh (IJS, red),” ungkapnya kepada sejumlah awak media, Kamis (17/06/2021).

Selain itu, lanjutnya, warga penuh kreatifitas dengan membuat tempat pembuangan sampah di setiap rumah masing-masing. Dan aparatur desa juga turut ambil bagian membantu warga.

“Kami selaku Pemdes juga pro aktif turun ke setiap rumah warga untuk memberikan sosialisasi bagaimana menerapkan hidup yang sehat. Dan kita syukuri, pola pikir masyarakat semakin terbuka terkait hidup sehat dan bersih,” papar Kades Jaya akrab disapa.

Ia menambahkan, kesuksesan yang diraih saat ini tidak lepas dari kerja keras semua komponen warga desa baik PNS, PTT, agen PDPGR, Pemdes Seteluk Tengah, Babinsa, Babinkamtibmas, Kadus dan Ketua RT.

Untuk diketahui, ucapnya, sebelum Pemerintah Desa Seteluk Tengah mendukung program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat, khususnya pilar 4 dan 5 STBM, Pemdes telah membuat Perdes yang mengatur tentang pengelolaan sampah.

READ  Sumbawa Berduka, Husni Djibril Djibril Dikabarkan Meninggal Dunia

“Sehingga saat pelaksanaan STBM tidak menjadi asing bagi warga, karena secara aktualisasi dilapangan hampir sama. Kemudian Perdes pengelolaan sampah juga memiliki program berbasis kesehatan yaitu melakukan gotong-royong setiap Jum’at pagi yaitu program Jum’at bersih,” tukasnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, Pemdes Seteluk Tengah juga akan membuat Peraturan Desa guna mendukung pilar 5 atau pengelolaan limbah cair rumah tangga.

“Tujuannya, supaya pola hidup sehat menjadi trend baru bagi masyarakat dan warga semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan, bukan hanya hari ini namun diwariskan kepada generasi yang akan datang,” ucapnya.

Tak lupa juga, ia mengingatkan kepada seluruh warganya, agar selalu mentaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan mencuci tangan pake sabub dan menggunakan hand sanitizer. Dan berharap kepada seluruh warga untuk terus mendukung seluruh program baik Pemerintah Daerah demi mewujudkan KSB Baik dan luar biasa.(FN-Kief)

Related posts

WABUP AJAK MASYARAKAT LAMUNGA UNTUK BERSYUKUR DAN SEDEKAH, SAAT PELETAKAN BATU PERTAMA MUSHOLLAH MTs NEGERI 2 KSB

Redaksi FocusNTB

Pasca Dilantik, Kades Desa Beru Jereweh, Siap Bekerja Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Redaksi FocusNTB

Ini Target Valentino Rossi di Balapan MotoGP 2021

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment