Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Seluruh Kecamatan di KSB Tuntas STBM, Poto Tano Terakhir Deklarasi

FOTO. Camat Poto Tano Agusman, S.Pt saat menyampaikan kata sambutan

FocusNTB, Sumbawa Barat — Program 100 Hari Kerja Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), khususnya pilar 4 dan pilar 5 STBM di seluruh kecamatan dinyatakan tuntas. Hal ini, setelah menyusul Poto Tano sebagai kecamatan terakhir melaksanakan deklarasi tuntas, Kamis (24/06/2021).

Deklarasi tersebut didasarkan pada hasil penilaian tim verifikasi Pokja STBM KSB yang menyatakan Kecamatan Poto Tano layak menggelar deklarasi tuntas.

Sebelum memasuki lokasi acara, rombongan disambut oleh tarian khas suku Bali yang dipersembahkan oleh masyarakat Desa Kokar Lian. Tiba dilokasi acara Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, ST bersama istri, dan didampingi oleh Ketua PKK Kabupaten Sumbawa Barat Hj. Hanifa Musyafirin, Pendamping ASN dan PTT Kecamatan Poto Tano, serta tim verifikasi tingkat Kabupaten.

Wakil Bupati KSB Fud Syaifuddin, ST beserta istri, bersama Ketua TP-PKK KSB disambut tari bali oleh masyarakat Kokarlian saat tiba di lokasi deklarasi tuntas STBM kecamatan Poto Tano.

Kecamatan Poto Tano merupakan yang terakhir melaksanakan deklarasi tuntas STBM. Meskipun demikian, Camat Poto Tano Agusman, S.Pt dalam sambutannya menyampaikan, bahwa bukan jadi soal kecamatannya terakhir dalam melakukan deklarasi tuntas, karena yang terpenting Poto Tano bisa tuntas sebelum jadwal deklarasi tuntas tingkat kabupaten dilaksanakan.

“Itu yang patut kita syukuri, meskipun terakhir deklarasi bukan berarti Poto Tano terbelakang. Justru Poto Tano satu-satunya kecamatan yang paling ditunggu-tunggu untuk segera deklarasi sehingga deklarasi tuntas kabupaten dapat segera dilaksanakan,” beber Daeng Agus sapaan akrab Camat Poto Tano

Pemerintah Kecamatan Poto Tano bersama seluruh stakeholder, lanjutnya, harus menangani 3.331 rumah, 3.512 Kepala keluarga, dan sebanyak 12.462 Jiwa. Dari hasil kerja tim verifikasi tingkat Kabupaten, Penanganan pilar 4 dan pilar 5 STBM berada pada angka 89,17 % dan dinyatakan layak untuk melakukan deklarasi.

READ  Obyek Wisata Pulau Kenawa Poto Tano Dilalap Jago Merah

“Khusus untuk penanganan Pilar 4 dan 5 STBM Kecamatan Poto Tano menemui tantangan tersendiri yaitu kondisi struktur tanah yang menyulitkan untuk membuat sumur resapan. Seperti contohnya di Desa poto tano, untuk pembuatan sumur resapan pada kedalaman 30 Cm sudah dipenuhi air. Di desa mantar, struktur tanahnya berbatu, serta beberapa titik di desa-desa lainnya menemui tantangan yang sama,” Jelasnya.

Meskipun demikian, berkat sinergitas antara PNS, PTT, Agen PDPGR, Pemerintah Desa, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa dan masyarakat, pilar 4 dan pilar 5 STBM di Kecamatan Poto Tano bisa dituntaskan.

“Tentunya harus kita apresiasi, karena solidaritas dan sinergitas semua pihak terbangun sangat kuat. Sedangkan, khusus untuk desa yang tidak memungkinkan dibuatkan sumur resapan, saya sudah menyampaikan kepada Pemerintah Daerah agar dibuatkan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Komunal,” pungkasnya.

Sementara Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST dalam sambutannya menyebutkan bahwa InsyAllah Pemerintah Daerah akan memberikan solusi terhadap persoalan yang ada di Kecamatan Poto Tano. Untuk Desa Poto Tano InsyaAllah  akan dibuatkan IPAL komunal.

Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, ST

“Diharapkan agar warga Kecamatan Poto Tano tetap menjaga kebersihan, dan kesehatan. Dan saya memberikan apresiasi terhadap toleransi antar warga yang terbangun di Kecamatan Poto Tano. Meskipun terdapat perbedaan agama dan suku tetapi masyarakatnya tetap hidup akur dan harmonis,” papar Wabup.

Oleh Karenanya, dalam kesempatan itu Wabup menekankan kepada Camat beserta jajarannya untuk terus merangkul tokoh agama, tokoh adat agar keamanan dan kenyamanan tetap hadir ditengah masyarakat.

“Semua pihak harus dilibatkan, kemudian bagi masyarakat Mantar, Tambak sari, dan Poto tano, Wabup berpesan khusus, agar Kebersihan, kesehatan lingkungan dipertahankan, karena Desa tersebut adalah pintu masuk pariwisata di Sumbawa Barat,” punkasnya.

READ  Sat Samapta Polres KSB, Lakukan Pengamanan dan Penjaga Di Beberapa Lokasi Obvitnas

Hadir dalam acara tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Adiministrasi Umum, Kasat Polpp, Kepala dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, Kepala dinas Kominfo, dan seluruh Kepala desa se Kecamatan Poto Tano.

Pantauan media ini, seluruh rangkaian kegiatan dengan tetap menerapkan standart protokol Covid-19 pemerintah, dengan mulai menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan.(FN-Kief)

Related posts

Festival Taliwang 2021 Bertema Gotong Royong Isung Bale

Redaksi FocusNTB

Ini Syarat bagi Karyawan Swasta agar Dapat Bantuan Rp 600.000

Redaksi FocusNTB

Bunda Niken Dilantik Jadi Ketua PPI NTB 2021-2026

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment