Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Wakil Bupati KSB Meletakkan Batu Pertama Program KOTAKU Di Kelurahan Arab Kenangan

FOTO. Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin ST saat memberikan sambutan dalam program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di kelurahan Arab Kenangan, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat.

FocusNTB, Taliwang — Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Saifuddin, ST meletakkan batu pertama program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di kelurahan Arab Kenangan Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada, Rabu (30/6/2021).Kegiatan itu juga dirangkaikan dengan penyerahan Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) sebesar 1 Miliar Rupiah.

Dana tersebut diperuntukkan untuk pembuatan drainase sepanjang 930 meter, jalan paving block sepanjang 653 meter, sumur resapan sebanyak 17 unit dan pembuatan IPAL setempat sebanyak 17 unit.

Hadir dalam kegiatan tersebut bapak Nurhadi sebagai Team Teader (TL) OSP 05 Nusa Tenggara Barat, Camat Taliwang, tokoh masyarakat Arab Kenangan dan juga unsur dari personil KOTAKU seperti Askot Mandiri Bapak Ir. Yanis Mayadi beserta jajaran fasilitator dan juga dari Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).

Fud Saifuddin, ST selaku Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan berapapun nilai uang yang kita dapatkan dari program ini perlu kita syukuri.

“Kita patut bersyukur atas apa yang kita dapatkan hari ini. Karena tidak semua kelurahan mendapatkannya. Dengan bersyukur atas uang 1 miliar saat ini insya Allah kita akan mendapatkan yang lebih besar lagi di waktu yang akan datang,” Jelas Wabup Fud akrab disapa.

Dalam kesempatan itu juga Wabup Fud menghimbau agar masyarakat mendukung dan ikut mengawasi pelaksanaan program ini.

“Saya berharap agar tokoh-tokoh masyarakat, tokoh pemuda Kelurahan Arab Kenangan mendukung dan ikut mengawasi program ini. Ini demi kebaikan masyarakat Arab Kenangan juga. Jangan sampai ada masyarakat yang menjadi duri dan membuat kisruh dalam program ini. Semua dikomunikasikan dengan baik dan dengan rasa kekeluargaan,” Tegas Wakil Bupati dua periode itu.

READ  Dewan Muhammad Hatta Mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia Ke-76 Tahun

Sementara Nurhadi dalam sambutannya mewakili program KOTAKU menyampaikan agar program KOTAKU bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat setempat. Karena dari 11 kabupaten kota cuma ada tiga kabupaten yang mendapatkan program KOTAKU lokasi reguler 2021 selain Kelurahan Arab Kenangan, diantaranya ada dua kelurahan di Kabupaten Lombok Timur dan satu kelurahan di Kabupaten Dompu.

Nurhadi dalam sambutannya mewakili program KOTAKU

Dalam kesempatan yang sama Nurhadi menyampaikan agar program ini bisa berkelanjutan di tahun-tahun yang datang. Dan berharap agar program tersebut bisa berlanjut di tahun yang akan datang.

“Dukungan dari pemerintah Sumbawa Barat sangat kami harapkan, terutama dalam penyusunan kelengkapan dokumen pendukung program. Insya Allah kami akan memperjuangkan kembali Sumbawa Barat mendapatkan program di tahun-tahun yang akan datang,” Tutup Nurhadi.

Sementara Erny Patriani, SE selaku Lurah Arab Kenangan yang juga tuan rumah dari program KOTAKU menyambut baik program ini.

Erny Patriani, SE selaku Lurah Arab Kenangan saat menyampaikan sambutan

“Kami sangat senang ketika mendengar program ini masuk ke Kelurahan Arab Kenangan. Ini adalah hadiah buat kami masyarakat Arab Kenangan yang selama ini berjibaku berbenah untuk mengubah pola pikir masyarakat,” Sambut Erny akrab Ibu Lurah ini disapa.

Dalam laporannya, Erny menyampaikan bahwa tahapan dari program KOTAKU sudah terlewati dengan baik. Dari pembentukan BKM sampai dengan tahapan pembentuan KSM. Dan yang paling penting adalah keterlibatan pekerja dalam program ini murni seratus persen dari warga Kelurahan Arab Kenangan.

“Dari 40 orang pekerja yang dibutuhkan, baik kepala tukang maupun pladen semuanya dari warga masyarakat Kelurahan Arab Kenangan,” Tutup Erny.(FN-If)

Related posts

Dikunjungi Cawabup Fud, Warga Bertong Target Menangkan Paslon Firin-Fud 98 Persen

Redaksi FocusNTB

Percepat Penanganan Masalah Sosial, Dinas Sosial KSB Bentuk TRC

Redaksi FocusNTB

Wabup Hadiri Rapat Persiapan Pelaksanaan Lomba Kampung Sehat Jilid II

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment