Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Wabup KSB Buka Khitanan Masal Masjid Nurul Hidayah KTC

FOTO. Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin, ST saat membuka secara resmi acara khitanan masal di Masjid Nurul Hidayah

FocusNTB, Sumbawa Barat — Bertempat di Masjid Nurul Hidayah, Lingkungan Kemutar Telu RT 001 RW 007 Kelurahan Menala Kecamatan Taliwang, Selasa (20/7/2021). Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin, ST secara resmi membuka khitanan masal yang di lakukan oleh pengurus Masjid setempat.

Bang Fud sapaan akrabnya Wabup disapa dalam sambutannya menegaskan bahwasannya khitanan masal yang digelar oleh pengurus masjid Nurul Hidayah merupakan salah satu ajang silaturrahmi bagi masyarakat khususnya yang ada di sekitaran Masjid Nurul Hidayah.

“Agenda ini merupakan agenda untuk menyambung tali silaturrahmi dan hal seperti ini juga dapat dijadikan contoh agar kebiasaan gotong royong dan berbagi antar sesama selalu kita terapkan dalam kehidupan bermasyarakat,” titah Bang Fud.

Bang Fud berharap kepada seluruh masyarakat khususnya pengurus masjid Nurul Hidayah agar terus berlomba-lomba dalam menebar kebaikan dan agenda khitanan masal ini harus tetap ditradisikan.

“Khitanan masal seperti ini merupakan sebuah upaya untuk menurunkan kerumunan dimasa pandemi seperti ini, jika khitan masal ini dilakukan secara personal tentu akan menambah kerumunan, namun jika dikemas mejadi satu otomatis akan menghemat biaya dan kurangnya kerumunan yang besar,” bebernya.

Bang Fud menjabarkan, bahwa khitanan ini adalah satu syariat yang harus dilaksanakan dan tentunya hal seperti ini melatih kita untuk sabar dan menurunkan ego dalam hal ketaqwaan, sama halnya yang dilakukan oleh nabi Ibrahim dan ismail yang ikhlas dan sabar melaksanakan perintah Allah yang tidak lain merupakan perwujudan terlaksananya Qurban.

“Khitanan ini penting karena merupakan pintu gerbang ibadah agar segala najis hilang dan dari segi kesehatan juga baik dikemudian hari.” tutupnya.

READ  Hari Ini, KONI Sumbawa Barat Gelar MUSORKAB ke - IV di Central Bupati Sumbawa Barat

Terpisah, Hairuddin selaku ketua panitia mengatakan bahwa khitanan yang dilaksanakan ini merupakan bentuk kepedulian pengurus masjid dan masyarakat yang berada dilingkungan KTC untuk melaksanakan kewajiban dalam mengkhitan anaknya.

“khitanan ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat yang berada dilingkungan kami, bahkan mereka (masyarakat.red) secara swadaya mengumpulkan materil sehingga kegiatan Khitanan dapat diselenggarakan,” beber Hairuddin.

Dikatakan olehnya, bahwa kegiatan Khitanan yang terselenggara tersebut diikuti sebanyak 6 orang peserta dan 2 orang perawat yang melakukan khitanan. “Saya berharap agar Khitanan masal ini dapat menjadi agenda rutin dengan jumlah peserta yang semakin meningkat,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, ketua panitia juga berterima kasih kepada seluruh pengurus masjid Nurul Hidayah, Perawat dan masyarakat setempat yang telah berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan Khitanan tersebut.

“Saya selaku ketua panitia sangat berterima kasih kepada Seluruh unsur masyarakat yang berada di Lingkungan KTC sehingga hajad kita membantu sesama dalam melaksanakan kewajiban melakukan khitan sukses digelar,” tutupnya.

Untuk kita ketahui, Setelah kegiatan khitanan usai, Wakil Bupati memberikan bingkisan khusus kepada 6 peserta sebagai bentuk dukungan dan memberikan do’a agar yang bersangkutan segera diberika kesembuhan oleh Allah S.WT.

Tak hanya itu, pelaksanaan khitanan masal yang dilakukan pengurus masjid setempat tetap menjalankan protokol kesehatan. Seperti, tersedianya tempat cuci tangan, hand sanitizer, setiap peserta maupun masyarakat yang hadir menggunakan masker, serta dalam pelaksanaan khitanan diberi jarak tanpa ada kerumunan.(Fn-If)

Related posts

Paslon Firin-Fud Resmi Malam Ini Ditetapkan Sebagai Pemenang Pilkada KSB

Redaksi FocusNTB

Bupati Lantik Pengurus Tim Penggerak PKK KSB Periode 2021-2026

Redaksi FocusNTB

Pelatihan UMKM Kewirausahaan Mandiri Di KSB Resmi Di Buka Bupati

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment