Focus NTB
HEADLINE

6 Mobil Dinas Dilelang, Salah Satunya Mobil Dinas Sekda KSB

FOTO. Muhammad Yusuf, S.IP Kepala Badan Pendapatan Aset Daerah Kabupaten Sumbawa Barat 

FocusNTB, Sumbawa Barat — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa Barat melalui Badan Pendapatan dan Aset Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (BPAD KSB) telah merilis 6 mobil dinas yang akan dilelang pada tahun 2021 tahap II.

Dari sekian mobil dinas (mobdin) yang dilelang, ada mobil roda empat Toyota Fortuner dengan nomor polisi EA 1 HH dan EA 2 HH yang masuk dalam daftar pelelangan, termasuk EA 6 HH Sekretaris Daerah juga masuk dalam daftar pelelangan.

”Sementara untuk kendaraan EA 1 HH dan EA 2 HH masuk dalam lelang khusus, sedangkan untuk kendaraan Dinas EA 6 HH yang kerap digunakan Sekda masuk dalam lelang umum,” ungkap Muhammad Yusuf, S.IP Kepala Badan Pendapatan Aset Daerah Kabupaten Sumbawa Barat kepada media diruang kerjanya, Selasa (02/08/2021).

Mobil Dinas Sekda yang masuk daftar pelelangan dengan nomor polisi EA 6 HH

Dijelaskan Yusuf, lelang khusus itu hanya diperuntukan bagi Gubernur/ Wakil Gubernur, Wali Kota /Wakil Wali Kota dan Bupati /Wakil Bupati , sementara lelang secara nasional untuk mobil dinas lainnya selain Modis Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Sumbawa Barat.

“Total kendaraan yang akan dilelang sebanyak 90 unit terbuka untuk umum, selain Fortuner yang digunakan Sekda, ada juga kendaraan dinas roda empat yang masuk lelang dan tersebar di beberapa SKPD terlebih dengan kondisi rusak berat,” tukas Yusuf.

Lebih lanjut ia menyampaikan, bahwa jumlah kendaraan roda empat yang dilelang sebanyak enam unit. Empat merk Toyota, satu merk KIA dan satu lagi merk Mitsubishi. Sedangkan roda dua sebanyak 84 unit yang terdiri dari suzuki, honda, yamaha, kawasaki hingga Qstar.

“Tidak hanya Fortuner yang digunakan Sekda, namun sederet kendaraan dinas roda empat yang tersebar di beberapa SKPD dengan kondisi rusak berat juga masuk dalam daftar lelang,” ulas Yusuf.

READ  Badan Pendapatan dan Aset Daerah KSB Mengucapkan Selamat Atas Pelantikan Amar Nurmansyah Sebagai Sekda

Selain itu, dijelaskannya, bahwa jumlah kendaraan roda empat yang dilelang sebanyak enam unit. Empat merk Toyota, satu merk KIA dan satu lagi merk Mitsubishi.

“Sedangkan roda dua sebanyak 84 unit yang terdiri dari suzuki, honda, yamaha, kawasaki hingga Qstar. Semua kendaraan yang dilelang itu tengah dinilai harga jualnya oleh KPKNL Bima,” paparnya.

Yusuf mengatakan, lelang puluhan kendaraan dinas dilakukan sebagai upaya pemerintah daerah mengurangi pengeluaran anggaran pemeliharaan kendaraan dinas terutama terhadap kendaraan yang tidak layak pakai. Lebih menguntungkan apabila aset tersebut dijual atau lelang, karena uangnya akan masuk ke kas daerah.

“Jika tetap dipaksa dimanfaatkan, biaya operasionalnya akan jadi lebih tinggi dan bisa biayanya dua kali lipat dari pengadaan barang baru.Pelelangan bukan skala lokal atau ragional saja, akan tetapi pelelangan berlaku secara nasional dan siapa saja bisa ikut pelelangan,” Pungkas Kaban diakhir statementnya. (FN-Kief)

Related posts

Dandim 1628/SB Tegaskan Rekrutmen Anggota TNI Gratis

Redaksi FocusNTB

MUSDA IV DWP, PENASIHAT DWP KSB AJAK DWP UNIT MEMASYARAKATKAN BERSHOLAWAT DAN MENGAJI BERSAMA

Redaksi FocusNTB

Dandim 1628/SB Sampaikan Apresiasi Suksesnya Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment