Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Maknai Hari Pramuka, Ketua DPR KSB Ajak Masyarakat Terus Berkarya dan Berbakti

FOTO. Kaharuddin Umar Ketua DPR Kabupaten Sumbawa Barat Periode 2019-2024

FocusNTB, Sumbawa Barat — Ketua DPR Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Kaharuddin Umar mengajak segenap masyarakat untuk memperingati Hari Pramuka dengan semangat berkarya dan membangun daerah meski saat ini masih dilanda Covid-19.

Menurut Kaharuddin Umar, semangat itu beriringan dengan pemahaman dan jiwa seorang Pramuka. Selain itu, Kaharuddin Umar juga menyebut, bahwa anggota Pramuka adalah calon-calon pemimpin masa depan yang dapat diandalkan.

“Hari Pramuka yang kita peringati setiap 14 Agustus harus dimaknai dengan sungguh-sungguh, Anggota Pramuka adalah harapan bangsa yang dapat tumbuh menjadi pemuda-pemudi dan pemimpin yang dapat diandalkan di masa depan,” kata Kahar saat ditemui media ini Kediamannya, Sabtu (14/8/2021).

Kahar mengatakan, setiap anggota Pramuka harus memiliki sifat kepemimpinan, punya kreativitas, bersikap pantang menyerah, dan suka bergotong-royong. Terlebih ini selaras dengan semangat gotong royong di daerah tercinta kita untuk terus kita gelorakan.

“Teruslah berbakti tanpa henti untuk Bumi Pariri Lema Bariri, dan kita berikan pengabdian terbaik bagi daerah ini dengan cara kita masing-masing” ujar Kahar.

Ketua DPR Sumbawa Barat asal Partai PDI Perjuangan ini juga mengatakan, bahwa setiap anggota Pramuka bisa menjadi simpul yang menjaga semangat membangun serta persatuan dan kesatuan bangsa,” Jelasnya seraya menggambarkan pesan tersebut.

Lambang Pramuka pun, lanjutnya merupakan cerminan dari seorang yang kuat, penuh tekad, dan mampu bertahan dalam setiap tantangan. Kahar mengatakan juga, pohon kelapa yang merupakan salah satu pohon tertinggi di Indonesia adalah simbol dari cita-cita tinggi seorang pemimpin.

“Dengan semangat seorang Pramuka, generasi muda bisa menjadi garda terdepan pembawa perubahan yang terus mengembangkan karakter penuh kebaikan untuk membawa Indonesia pada perubahan yang membanggakan,” kata Kahar.

READ  Bupati KSB Ingatkan Masyarakat Jangan Termakan Isu Hoax Terkait Smelter

Kahar memandang bahwa nilai-nilai yang dibawa organisasi Pramuka sangat bisa diterapkan dalam kondisi masyarakat Indonesia saat ini. Terutama dari sisi kekuatan dan tekad untuk dapat selalu bangkit meskipun sedang didera cobaan dan tantangan.

“Filosofi pohon kelapa penuh kekuatan, penuh spirit, dan bisa tumbuh di mana pun. Setiap bagian pohonnya pun dapat bermanfaat, mulai dari buahnya, kayunya, hingga daun dan akarnya. Pemahaman ini yang harus kita bawa. Semangat untuk menjadi warga negara yang berguna dan memberikan baktinya untuk kemajuan bangsa dan negara,” ujar Kahar yang dikenal sangat ramah ini.

Kahar memandang bahwa menjadi seorang Pramuka tidak melulu harus ikut dalam organisasinya, tetapi bisa dengan menanamkan makna-makna positif gerakan ini dalam setiap langkah kehidupan. Apalagi bagi generasi muda yang ke depannya akan menjadi tulang punggung bagi Tanah Air Indonesia.

Selain itu, ia juga mengajak generasi muda untuk mengadopsi kemampuan dan kepribadian seorang Pramuka dan menanamkan karakter baik tersebut sedari dini. Pasalnya, Indonesia memang membutuhkan anak muda yang penuh inisiatif positif untuk membangun berbagai sektor, seperti keilmuan, perekonomian, pariwisata, dan bidang-bidang lainnya.

“Dengan semangat seorang Pramuka, generasi muda bisa menjadi garda terdepan sebagai pembawa perubahan dan mengembangkan karakter penuh kebaikan untuk membawa Indonesia pada perubahan yang membanggakan,” tutur Kahar.(FN-Kief)

Related posts

Festival Tenun Tradisi KSB Tahun 2021 Hadirkan Designer Dari Jakarta

Redaksi FocusNTB

Ketua MOI KSB Sarankan PT Amman Mineral, Program Beasiswa Perusahaan Sasar Jebolan BLK

Redaksi FocusNTB

Bhabinkamtibmas Peduli Warga di Desa Binaannya, Agar Laksanakan Vaksin

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment