Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Dinas Sosial KSB Optimalkan Berantas Kemiskinan di Masa Pandemi Melalui Program PKH

FocusNTB, Sumbawa Barat — Guna berantas kemiskinan yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Dinas Sosial kini mengoptimalkan Program Keluarga Harapan (PKH) yang bertujuan untuk melindungi penduduk miskin dari kemungkinan ketidakmampuan menghadapi guncangan sosial dan ekonomi.

Diwawancarai media diruang kerjanya, Selasa (24/8/2021). Kepala Dinas Sosial, dr. Syaifuddin melalui Kepala Bidang Program PKH, Endang Yunari, S.Pi mengatakan, bahwa hal tersebut dilakukan merupakan upaya Pemerintah dalam memberikan perlindungan sosial bagi masyarakat miskin.

“PKH, merupakan bagian dari upaya penanggulangan kemiskinan melalui pemberian bantuan dana tunai bersyarat. Dalam jangka pendek, program ini diharapkan mampu membantu keluarga miskin, mengurangi beban pengeluaran dan kebutuhan skunder,” jelas Endang, sapaan akrabnya Kabid itu disapa.

Kemudian, lanjutnya, untuk jangka menengah diharapkan mampu menciptakan perubahan perilaku peserta PKH dalam mengakses layanan fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan dan kesejahteraan sosial sehingga menghasilkan generasi yang lebih sehat dan cerdas,

“Sedangkan dalam jangka panjang, PKH diharapkan dapat memutus rantai kemiskinan antar generasi sekaligus merupakan cikal bakal pengembangan sistem pelayanan pendidikan dan kesehatan, pangan dan gizi termasuk untuk menghilangkan kesenjangan sosial, dan keterasingan sosial yang selama ini melekat pada masyarakat miskin,” beber Endang.

Endang juga menambahkan untuk jumlah dan proses penyaluran bantuan PKH ini mengalami perubahan selama masa pandemi dimana sebelumnya dana yang diberikan kepada penerima PKH akan diberikan melalui empat tahap sedangkan untuk pandemi ini akan dikeluarkan setiap bulannya, dan untuk jumlah penerima PKH Dari Kementrian pusat semakin bertambah .

“Mengenai kriteria dari penerim PKH diantaranya tergolong sebagai keluarga dengan tingkat pendapatan rendah, terdapat ibu hamil, disabilitas berat dan lain sebagainya, kemudian kedepannya akan dilakukan validasi data lebih lanjut,” ungkapnya.

READ  Bupati KSB : "Instrumen PDPGR Resep Jitu Gerakkan Partisipasi Masyarakat"

Selain diberikan bantuan, penerima dari PKH ini akan diberi edukasi untuk peningkatan taraf ekonomi, pendidikan dan lain sebagainya sehingga ada komitmen dari individu.

“Saya berharap dengan adanya bantuan PKH ini masyarakat mampu memenuhi kebutuhan skunder terutama dalam hal pendidikan agar mampu menciptakan bibit-bibit unggul untuk KSB yang gemilang,” pungkasnya.(FN-Kief)

Related posts

Legislator NTB Berharap Event WSBK dan MotoGP Datangkan Multiplier Effek Bagi UMKM

Redaksi FocusNTB

Festival Tenun Tradisi KSB Tahun 2021 Hadirkan Designer Dari Jakarta

Redaksi FocusNTB

Terkendala Covid-19, Pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa Belum Bisa Dipastikan

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment