Focus NTB
HEADLINE WISATA

Bendungan Bintang Bano Berpotensi Jadi Objek Wisata Alam

Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumbawa Barat, Dr. Zainuddin, SH.,MM

FocusNTB, Sumbawa Barat — Seperti yang kita ketahui selama ini, Bendungan memiliki fungsi sebagai pengendali banjir, irigasi persawahan, penyediaan air baku, serta menjadi sumber pembangkit listrik.

Akan tetapi, salah satu bendungan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), yakni Bendungan Bintang Bano yang berada di Desa Bangkat Monteh Kecamatan Brang Rea, berpotensi untuk menjadi destinasi wisata alam.

“Bendungan ini berpotensi menjadi objek wisata alam sekaligus dapat memajukan perekonomian masyarakat setempat,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) KSB, Ir. IGB Sumbawanto, M.Si melalui Sekretaris Dinas, Dr. Zainuddin, SH.,MM. Selasa (31/8/2021).

Ia menjelaskan, Bendungan Bintang Bano dapat berpotensi menjadi objek wisata karena sudah memenuhi 4 aspek utama (4A). yakni Aktraksi (Daya Tarik), Accessibility (Aksesibilitas), Amenity (Kenyamanan), dan Anseleris.

“Dari aspek daya tarik, Bendungan Bintang Bano sangat luar biasa karena kita berbicara Alam, disana kita bisa lihat gunung, sungai yang berbelok-belok dan bukit-bukit, tentunya hal itu akan membuat kita terkagum-kagum,” jelasnya.

Sejumlah awak media di Sumbawa Barat saat turun berkunjung ke Bendungan Bintang Bano

Kemudian Aksesibilitas, Ia menjelaskan, bahwa di ‘Tanah Pariri Lema Bariri’ tidak ada yang tidak tersentuh insfratruktur pembuatan jalan sehingga tidak lagi ada desa yang kita katakan desa terisolir disini.

“Sekarang akses jalan kesanakan sudah bagus, sudah di hotmix, jadi akan mempermudah masyarakat maupun wisatawan yang ingin ke sana. Kemudian untuk Kenyamanan dan Anseleris, kita tinggal menyesuaikan saja,” ungkapnya.

Bendungan yang menghabiskan dana sebesar Rp. 1,5 Triliun tersebut, tetap ramai dikunjungi setiap sore hari dan akhir pekan oleh masyarakat, baik masyarakat yang berada di Kecamatan Brang Rea itu sendiri maupun masyarakat dari luar Kecamatan Brang Rea.

READ  Bawaslu KSB Gelar Bimtek Daring, Percepat Proses Pelaporan

“Seperti kata pepatah, dimana ada gula disitu pasti ada semut. Begitu pula yang akan terjadi di bendungan bintang bano, jika banyak masyarakat atau wisatawan yang pergi kesana, tentunya pasti ada juga masyarakat yang mencoba meraih keuntungan dengan menjajakan aneka makanan dan minuman sehingga akan ada perputaran ekonomi disana,” pungkasnya.(FN-Kief)

Related posts

Peringati HUT Bhayangkara ke-75, Polres Sumbawa Barat Gelar Vaksinasi Massal Capai 934 Perhari

Redaksi FocusNTB

Sekolah Lockdown, Dikbud: Materi KBM Tidak Terganggu

Redaksi FocusNTB

Polri Gelar Mutasi, Enam Kapolres di NTB Diganti

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment