Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Bupati KSB Terima Kunjungan Forum Wartawan Daerah Provinsi NTB

 

FocusNTB, Sumbawa Barat, – Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM menerima kunjungan dan audiensi Forum Wartawan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di Aula Lantai III Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada Kamis (02/09/2021), siang.

Kegiatan Press Trip Kamis lalu ini dilaksanakan oleh Diskominfotik NTB Bersama Forum wartawan NTB untuk menggali informasi keberhasilan KSB dalam menuntaskan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Bupati memaparkan bahwa sejak tahun 2016, gotong royong diformalkan melalui Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2016 Tentang Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) dan dijadikan landasan utama keberhasilan semua program di KSB. Menjadi program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati, Pilar 1 STBM Pemenuhan Jamban Layak bagi masyarakat 100% tuntas.
Tidak berhenti sampai disitu, tahun 2019-2020 Pilar 2 dan 3 STBM didengungkan. Melalui semangat gotong royong, semangat ikhlas, jujur dan sungguh-sungguh, Cuci Tangan Pakai Sabun dan Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga sebagai Pilar 2 dan 3 STBM tuntas terlaksana dengan sinergi bersama agen-agen Gotong Royong. Tahun 2021, para ASN, PTT dan masyarakat bersinergi menuntaskan Pilar 4 dan 5 STBM. Sehingga menjadikan KSB sebagai satu-satunya daerah di Indonesia yang tuntas 5 Pilar STBM dan ditargetkan menuju pencapaian Sanitasi Aman dan Sanitasi Layak pada tahun 2022.

Selain STBM, KSB juga berhasil menjadi 1 (satu) dari 4 (empat) daerah di Indonesia yang berhasil masuk dalam Open Government Partnership (OGP). Mengusung 6 (enam) Komitmen dalam mewujudkan OGP, mekanisme yasinan sebagai wadah menemukan solusi terhadap permasalahan masyarakat dan melibatkan kolaborasi PDPGR dalam penguatan Posyandu menjadi 2 inovasi yang digaungkan Pemda.

Guna menunjang keberlangsungan dan taraf hidup masyarakat, pembangunan sektor-sektor publik juga dilakukan, diantaranya yakni Bendungan Bintang Bano sebagai salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kecamatan Brang Rea, Bendungan Tiu Suntuk di Kecamatan Brang Ene, Percepatan Pembangunan Smelter di Kecamatan Maluk yang sudah ditetapkan sebagai Kawasan Industri menurut Perpres Nomor 18 Tahun 2020 Tentang RPJMN, serta Pembangunan Bandara di Desa Kiantar Kecamatan Poto Tano.

READ  Kadis Parpora KSB Apresiasi Kegiatan IOSKI Provinsi NTB

Hadirnya sektor-sektor tersebut nantinya diharapkan mampu mendorong dan meningkatkan pertumbuhan sektor ekonomi masyarakat, mendukung pengembangan sektor pariwisata, memudahkan konektivitas dan mobilitas masyarakat, dan lain sebagainya.

Prestasi dan inovasi-inovasi daerah tersebut di atas menurut Bupati Sumbawa   Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM akan sangat terbantu jika didukung oleh kehadiran media. “Peran media sangat penting sebagai pendukung setiap program yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah,” paparnya.

Selain itu, menurut Bupati, Media juga berperan dalam membangun demokrasi, membangun checks and balances serta mampu memperkuat partisipasi warga. Program STBM ini juga dapat terlaksana dengan baik berkat dukungan seluruh stakeholders serta masyarakat KSB.

“Saya meyakini bahwa kehadiran media mampu menciptakan pemerintahan yang responsive, transparan dan akuntabel. Maka dari itu, saya berharap dengan kehadiran media pada kegiatan hari ini dapat membantu menyebarluaskan inovasi-inovasi kreatif daerah ke masyarakat yang lebih luas,” jelas Bupati.

Hadir dalam kesempatan ini Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) KSB, serta 38 orang jurnalis yang tergabung dalam Forum Wartawan Pemerintah Provinsi NTB.(FN)

Related posts

Simpan Narkoba Dalam Dubur, Tersangka Berhasil Diringkus Tim Gabungan Ditresnarkoba Polda NTB

Redaksi FocusNTB

Bupati KSB Hadiri Sosialisasi Tim Appraisal Terkait Hasil Penilaian Harga Tanah Pembangunan Bandara

Redaksi FocusNTB

Apresiasi Keberhasilan Firin-Fud, Warga Bugis Rela Jalan Kaki

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment