Focus NTB
HEADLINE NEWS WISATA

Dana Desa Boleh Digunakan Untuk Mengembangkan Destinasi Wisata

Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Dr. Zainuddin, SH.,MM

FocusNTB, Sumbawa Barat — Sebagian besar desa-desa yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memiliki potensi alam yang sangat luar biasa sehingga dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata.

Berdasarkan aturan yang berlaku, Dana Desa (DD) dapat di gunakan untuk membuat dan mengembangkan destinasi wisata di masing-masing desa sesuai dengan potensi wisata yang ada di desa tersebut.

“Berkali-kali presiden kita, pak Jokowi mengatakan bahwa Dana Desa yang berada di desa seyogyanya digunakan untuk pengembangan wisata didesanya,” kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Ir. IGB Sumbawanto, M.Si melalui Sekretaris Dinas, Dr. Zainuddin, SH.,MM. Senin (6/9/2021).

Zain, akrabnya Sekdis disapa mengatakan, dengan dikembangkannya destinasi wisata di masing-masing desa, minimal masyarakat desa saat ingin berlibur tidak keluar dari desanya karena sudah ada destinasi wisata.

“Jika dia (Masyarakat) berlibur keluar desanya atau keluar Sumbawa Barat, kan mereka buang-buang uang keluar, sehingga perputaran ekonomi tidak lagi berada didesanya atau didaerahnya,” jelas Zain.

Jika masyarakat desa berlibur keluar, lanjut Zain mengatakan, tentunya akan memakan banyak biaya daripada berlibur didestinasi wisata yang dikembangkan oleh desanya.

“Jika berlibur didestinasi wisata desanya sendiri, Dia yang seharusnya mengeluarkan uang jutaan, kan bisa jadi hanya ratusan ribu saja jika berlibur didesanya dan perputaran ekonominya juga berada didesanya itu,” ujarnya.

Ia mengakui, membangun destinasi wisata memang tidak mudah dan tidak dapat selesai dalam sekejap mata, membangunnya itu tentu membutuhkan proses yang panjang.

“Tapi yakinlah bahwa masa depan daerah kita ini berada pada sektor pariwisata,” pungkasnya.(FN-Kief)

READ  Wabup Fud Tinjau Proses PTM Hari Ke-3 di Kecamatan Poto Tano

Related posts

Pasca Dilantik, Kades Desa Beru Jereweh, Siap Bekerja Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Redaksi FocusNTB

Inspektorat Lakukan Riksus Pengelolaan APBDes Di Tiga Desa

Redaksi FocusNTB

Wakapolres KSB Secara Rutin Lakukan Pengecekan Terhadap Anggota Piket SPKT dan TAHTI

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment