Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

112 KPM PKH Graduasi Alami Di Sumbawa Barat

FocusNTB, Sumbawa Barat — Berdasarkan data dari Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), sebanyak 112 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) telah keluar sebagai penerima manfaat secara alami.

Ke-112 KPM PKH tersebut, dengan rincian sejak bulan Januari sebanyak 39 KPM PKH Graduasi Alami, Februari 2 KPM PKH, Maret 13 KPM PKH, April 22 KPM PKH, Mei 3 KPM PKH, Juni 4 KPM PKH, Juli 0 KPM PKH, dan Agustus sebanyak 29 KPM PKH.

“Betul, berdasarkan data kami, hingga bulan Agustus 2021 ini, ada sebanyak 112 KPM PKH yang telah graduasi alami,” kata Kepala Dinas Sosial KSB, dr. Syarifuddin melalui Kordinator PKH Kabupaten, Sugianto, ST. Rabu (8/9/2021).

Dijelaskan olehnya, bahwa bantuan PKH akan dicabut dari penerima jika yang bersangkutan sudah tidak memenuhi persyaratan dari komponen-komponen sebagai penerima bantuan PKH dari Pemerintah Pusat.

“Ketika sudah tidak memenuhi persyaratan, tentu secara alami dinyatakan keluar sebagai penerima manfaat. Bahkan dipaksapun tidak bisa, karena acuannya merunut dengan persyaratan itu sendiri,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, adapun komponen-komponen tersebut yaitu, didalam KK memiliki atau mempunyai ibu hamil, Ada bayi dan balita atau anak usia dini, Ada anak usia SD, Ada anak usia SMP, Ada anak usia SMA, Ada anak penyandang disabilitas atau penyandang cacat berat, serta Ada orang tua yang berusia lanjut.

“Itu komponen-komponen yang harus dipenuhi terlebih dahulu oleh KPM sebagai syarat untuk menerima manfaat,” ucapnya

Selain itu, Lanjutnya, jika komponen-komponen tersebut sudah tidak ada lagi di dalam KK KPM PKH, maka haknya sebagai penerima manfaat terhenti.

“Maka, secara otomatis KPM itu sudah tidak berhak lagi menerima PKH dan di nyatakan telah keluar secara alami atau graduasi alami,” pungkasnya.(FN-Kief)

READ  Anggota Polres Sumbawa Barat Lakukan OPS Patuh Rinjani 2021, Wujudkan Kamseltibcarlantas

Related posts

Wabup Fud Pantau Proses PTM di Sejumlah Sekolah

Redaksi FocusNTB

Camat Taliwang Turut Berduka Cita Atas Berpulang Kerahmatullah Malik Salim Staf Khusus Gubernur NTB

Redaksi FocusNTB

Anggota Piket SPKT dan Patroli Sat Sabhara Polres Sumbawa Barat Berhasil Amankan Aksi Balap liar

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment