Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Lahan Tuntas 100 Persen, Bandara Kiantar Segera Trealisasi

FocusNTB, Sumbawa Barat – Rencana Pembangunan Bandara Kiantar, Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan segera trealisasi 2022 mendatang. Hal itu dibuktikan dengan lahan seluas 124 Ha sebagai lokasi pembangunan bandar udara (Bandara) tuntas dibayarkan pihak investor.

Sebelumnya, dalam proses pembebasan lahan bandara menuai pro dan kontra ditengah masyarakat. Meskipun pemilik lahan bersedia menjual lahannya untuk kepentingan masyarakat dan kemajuan daerah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Sumbawa Barat Dr.Ir.H.W.Musyafirin MM, Sekda Sumbawa Barat Amar Nurmansyah, ST.,M.Si, Dandim 1628/SB Letkol Czi Sunardi, ST., M. IP, Kapolres Sumbawa Barat, Kajari Sumbawa Barat Suseno, SH., MH., Kabag Humas Sumbawa Barat dan tim fasilitasi pembebasan lahan bandara kiantar.

Sementara perwakilan investor Madiyan Sahdianto menjelaskan, kita bersyukur pembebasan lahan untuk pembangunan Bandara Kiantar Kecamatan Poto Tano sudah tuntas 100 persen dan insyaallah pembangunannya akan kita bangun mulai tahun 2022.

“Progresnya tuntas 100 persen berkat kerjasama yang baik kita semua, dan juga didukung penuh pemerintah daerah. Apalagi Bandara Kiantar masuk dalam program strategis nasional,” ungkap Chakil sapaan akrabnya melalui sambungan Via Seluler pada, kamis (23/9/2021).

Lanjut Cakil, bahwa proses pembebasan lahan berjalan dengan lancar, meskipun dalam perjalanannya menemukan banyak masalah. Tapi alhamdulillah semuanya selesai sesuai yang kita harapkan.

Selain itu, Cakil juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah daerah dan Tim Fasilitasi atas kelancaran pembebasan lahan untuk bandara di Desa Kiantar. Tentu keberadaan Bandara Kiantar akan sangat bermanfaat bagi masyarakat KSB.

“Terimakasih semuanya, Insyah Allah selesai pembebasan lahan ini, awal bulan depan akan ada pekerjaan awal untuk bandara,” tutup Cakil.

Sementara Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM dalam press release resminya menyampaikan, pemerintah daerah telah membantu investor untuk pembebasan lahan bandara tersebut. Dirinya sangat bersyukur dan mengapresiasi atas sinergitas semua pihak, akhirnya pembebasan lahan untuk bandara bisa tuntas.

READ  Pengurus Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah NTB Akan Gelar Rakorwil Bidang Internal

“Terimakasih atas kerja sama yang baik dalam penyelesaian pembebasan lahan Bandara di Kiantar sehingga bisa tuntas 100 persen. Kerjasama yang baik ini harus kita pupuk sampai Bandara Kiantar terwujud,” Jelas Bupati.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati, dengan sinergitas maka apa yang kita lakukan bisa tuntas sesuai harapan bersama. Rencananya pembebasan lahan kita selesaikan akhir september, namun berkat semua pihak bisa kita selesaikan dengan cepat dipertengahan september ini.

“Alhamdulillah, awalnya lahan diperkirakan akhir bulan September 2021 terselesaikan. Tapi lahan seluas 124 Hektar terselesaikan dipertengahan bulan September 2021,” Papar H. Firin.

Ia juga mengapresiasi dan berterima kasih atas kerja bersama semua pihak, prinsipnya lahan 124 Ha kita sudah bebaskan. Untuk pembebasan lahan Bandara Kiantar merupakan ganti untung bukan ganti rugi karena lahan masyarakat dibeli dengan harga diatas NJOP Kiantar dan sekitarnya.

“Diharapkan juga kepada semua pihak agar memberikan edukasi dan informasi yang baik tentang keberadaan dan manfaat pembangunan bandara guna meminimalisir isu-isu negatif berkembang ditengah masyarakat,” pungkas Bupati.(FN-Kief)

Related posts

Sukseskan Program 100 Hari Kerja Bupati, Desa Kelanir Deklarasi Tuntas Pilar 4 dan 5 STBM

Redaksi FocusNTB

Media Memiliki Peran Penting Memberikan Edukasi Kepada Masyarakat

Redaksi FocusNTB

Event Word Superbike Digelar November, ITDC Kebut Fasilitas Pendukung JKK

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment