Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Lembaga Adat dan Tokoh Masyarakat Desa Maluk Dukung Pembangunan Smelter

FocusNTB, Sumbawa Barat¬†— Rencana pembangunan industri pengolahan dan pemurnian hasil tambang (Smelter) di Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang diprakarsai oleh PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (PT. AMMAN) telah meraih simpati yang luas serta dukungan dari berbagai kalangan.

Salah satu dukungan datang dari Lembaga Adat dan tokoh masyarakat Desa Maluk, mereka menilai bahwa dengan adanya Smelter maka dapat menghidupkan kembali keadaan desa dilingkar tambang sehingga dapat berimbas kepada peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

“Hasil pertemuan kami malam ini, bahwa Lembaga Adat serta tokoh masyarakat Desa Maluk sangat mendungkung dan suport terhadap langkah yang dilakukan PT. AMMN yang berencana membangun smelter di Kecamatan Maluk ini,” kata Jhon Rates selaku ketua adat kepada media di Sekretariat Lembaga Adat Maluk, Jum’at (24/9/2021) malam.

Dengan adanya Smelter ini, lanjutnya mengatakan, bahwa dapat meningkatkan kualitas SDM serta meningkatkan nilai ekonomi, utamanya pendapatan pemasukan masyarakat sekitar yang sudah pasti akan ada penyerapan ribuan tenaga kerja lokal.

“Rencana pembangunan smelter tentu membawa dampak ekonomi yang sangat masif bagi masyarakat di lingkar tambang secara khusus maupun masyarakat KSB pada umumnya, sebab akan ada penyerapan tenaga kerja lokal dan ini semestinya dimanfaatkan dengan serius oleh masyarakat lingkar tambang serta masyarakat lokal pada umumnya,” paparnya.

Ditempat yang sama, Rony Munir selaku tokoh masyarakat disana mengajak masyarakat mensyukuri dan berbangga terhadap daerah yang melimpah potensi sumber daya alamnya, sehingga jika ada niat seperti yang akan dilakukan PT AMMAN, perlu diapresiasi dan didukung secara penuh dan bukan malah menghalangi segala prosesnya.

“Selama proses pembangunan smelter, kami akan terus melihat dan mengawasi segala prosesnya apakah berjalan dengan lancar atau ada banyak benturan yang dihadapi dari pihak-pihak luar, karna memang dampak dari pembangunannya sangat besar dan dapat kita rasakan secara nyata,” pungkasnya.(Fn-Kief)

READ  Bupati Pimpin Rakor Pencegahan Korupsi bersama KPK

Related posts

M. Nasir Nilai Kehadiran Smelter Menjadi Daya Ungkit Kemajuan Ekonomi

Redaksi FocusNTB

Program Firin-Fud Pro Rakyat, Masyarakat Seran dan Rempe Pilih Lanjutkan Dua Periode

Redaksi FocusNTB

Pembekalan Siswa Siswi MAN 1 Taliwang, Kasdim 1628/KSB : Generasi Muda Harus Ikut Berperan Aktif Kampanyekan Prokes Covid-19

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment