Focus NTB
HEADLINE NEWS POLITIK

Terkait Polemik Dana Haji, Ini Kata Dr Nanang Samodra Saat Kunker di KSB

FocusNTB, Sumbawa Barat – Menyikapi polemik Dana Haji yang tengah berkembang ditengah-tengah publik saat ini, Dr. H. Nanang Samodra KA, M.Sc Anggota komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari partai Demokrat melaksankan kunjungan kerja di dua kabupaten yaitu Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Sumbawa pada, Senin (27/10/2021).

Pasalnya, setelah Pandemi Covid-19 melanda Indonesia dan dunia, sampai saat ini belum jelas terkait kapan jadwal keberangkatan sejumlah jamaah haji tanah air ke tanah suci Mekah. Dalam perjalanannya, sehingga menimbulkan banyak pertanyaan dari berbagai kalangan terkait persoalan dana haji.

Kepada media ini, anggota DPR RI Dr. H. Nanang Samodra, M. Sc menjelaskan, selaku anggota komisi VIII yang membidangi agama, sosial, bencana, pemberdayaan perempuan, zakat wakaf, badan pengelolaan keuangan haji (BPKH) dan badan jaminan produk halal. Perlu kiranya saya menjelaskan ke masyarakat Sumbawa Barat bahwa dana hajinya ada dan bisa diaudit.

Dijelaskan Dr. Nanang, bahwa desiminasi penundaan haji perlu dilakukan melihat ada pemahaman yang diluruskan kepada masyarakat. Dia berharap dengan kunjungan ini masyarakat bisa mengetahui uang hajinya.

“Ada yang baru mengenai haji yaitu, virtual account dimana jama’ah bisa melihat nilai setoran uang yang disetor oleh jamaah haji, nilainya akan bermanfaat dan dikelola secara bisnis dengan akad syariah,” ungkap anggota komisi VIII dari Fraksi Partai Demokrat yang didampingi istri tercinta Dr. Ir. Sri Sustini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Setiap jamaah bisa melihat, berapa nilai uangnya bermanfaat untuk kemaslahatan umat melalui laman situs VE.BPKH.co.id. Didalam laman situs tersebut seluruh calon jamaah haji bisa mengakses seluruh informasi seputar dana haji.

“Hal ini dilakukan sebagai bukti transfaransi pemerintah kepada seluruh calon jamaah haji, bahwa tidak ada yang ditutupi karena sistem pengelolaanya sudah jelas,” Pungkasnya.

READ  Ucapan Selamat Lurah Menala Atas Rekor Muri Bupati Sumbawa Barat

Dalam sesi wawancara, Ia juga menaruh harapan pemerintah daerah bisa membuat wisata religi untuk pelatihan jamaah haji di KSB.

“Website itu akan sangat bermanfaat bagi jamaah haji, dan saya juga berharap kepada pemerintah agar jangan sampai ada tambahan biaya yang harus dibebankan ke masyarakat, terkait persoalan haji, namun bebankan saja ke BPKH,” tutupnya mengakhiri statement. (Fn-Kief)

Related posts

MUSDA IV DWP, PENASIHAT DWP KSB AJAK DWP UNIT MEMASYARAKATKAN BERSHOLAWAT DAN MENGAJI BERSAMA

Redaksi FocusNTB

Valentino Rossi, Penemu Teknik Menikung yang Disontek Dunia

Redaksi FocusNTB

Paslon Firin-Fud Resmi Malam Ini Ditetapkan Sebagai Pemenang Pilkada KSB

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment