Focus NTB
HEADLINE SUMBAWA

Muhammad Yamin Dorong Pemda KSB Optimalisasi Penyerapan Naker Lokal Untuk Smelter

FOTO. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbawa Barat, Muhammad Yamin.

FocusNTB, Sumbawa Barat — Pembangunan pabrik smelter di kawasan industri Maluk, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dipercaya akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi tenaga kerja lokal. Hal itu, diungkapkan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbawa Barat, Muhammad Yamin kepada media Focus NTB, Rabu (29/09/2021).

Menurut Muhammad Yamin, kehadiran smelter dapat menjadi jawaban untuk mengurangi angka pengangguran yang terus meningkat, sehingga pemerintah melalui dinas tenaga kerja untuk segera melakukan persiapan rekrutmen tenaga kerja lokal untuk pembangunan konstruksi smelter menghadapi gelombang penerimaan karyawan dalam jumlah besar nantinya.

“Dengan optimalisasi tenaga kerja lokal untuk kebutuhan smelter, maka pasti akan berbanding lurus dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat dan peningkatan ekonomi daerah. Tentu ini perubahan yang kita harapkan terjadi dan menjadi impian seluruh masyarakat KSB,” jelas Bang yamin akrab dewan muda ini disapa.

Lanjut Yamin, apalagi kehadiran smelter ini didukung oleh semua elemen dan masuk dalam rencana strategis pembangunan nasional, sehingga kepastian investasi dan pembangunannya tidak bisa diragukan lagi.

“Ini kesempatan emas bagi daerah kita, karena tidak semua kabupaten di NTB ini memilikinya nasib yang sama seperti KSB hari ini. Artinya, bisa dibilang bahwa cuman daerah kita satu-satunya hadir investasi smelter dengan nilai triliunan,” tegas Politisi yang berjiwa sosial tinggi ini.

Selain itu, Kata Bang Yamin, pemerintah daerah juga harus segera menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan rekrutmen naker serta proses rekrutmen karyawan smelter ke depan, agar dilakukan satu pintu dan terbuka melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbawa Barat.

“Hal ini dilakukan sebagai wujud mengakomodir angkatan kerja baru, serta menjalankan amanah
Perda Nomor 13 Tahun 2017 dan Peraturan Bupati Nomor 9 Tanun 2018,” Jelasnya.

READ  Terkait Berita "Broker" Asal Ujung Pandang YB, Redaksi Focus NTB Minta Maaf

Mulai dari sekarang, kata Bang Yamin, pemerintah bisa melakukan pendataan angkatan kerja baru baik skill maupun non skill yang belum memeliki kesempatan kerja, sehingga angkatan kerja lokal bisa diakomodir minimal 70 persen.

Untuk itu, dirinya mengharapkan pemerintah daerah mampu mengakomodir dan memberikan peluang kesempatan bekerja bagi putra putri lokal sumbawa barat. Ini peluang besar untuk mengurangi angka pengangguran yang cukup tinggi di bumi pariri lema bariri.

“Jangan sampai kita menjadi penonton di daerah kita sendiri, maka pemda harus segera mengambil langkah starategis dengan menyiapkan tenaga kerja lokal yang punya skill sesuai kebutuan untuk smelter dan hal ini bisa dilakukan melalui BLK Poto Tano,” Ulas Bang Yamin.

Informasi yang dihimpun media ini, bahwa secara umum pembangunan Smelter sudah on the ringht track. Dari pembebasan lahan dan regulasi semua berjalan baik. Adapun kendala yang ada dilakukan pendekatan secara persuasif.(Fn-Kf)

Related posts

Kapolsek Pelabuhan Laut Tano Berhasil Amankan 112,5 liter Miras

Redaksi FocusNTB

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum Bintang Bano Mengucapkan Selamat Hari Lahir Ke-17 Kabupaten Sumbawa Barat

Redaksi FocusNTB

Unit Sat Samapta Polres KSB, Gelar Patroli Skala Besar Dan Penyaluran Bansos

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment