Focus NTB
HEADLINE NEWS

Sekda KSB Buat Terobosan, Terapkan Absensi Online Bagi ASN dan PTT

FocusNTB, Sumbawa Barat – Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Amar Nurmansyah, ST.,M.Si terus melakukan inovasi sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan dan kinerja para ASN dan PTT selama Pandemi Covid-19. Salah satu terobosan yang dilakukan Sekda termuda di Indonesia ini dengan menerapkan Sistem Informasi Absensi Online (SIAO).

Menurutnya, absensi secara online harus dilakukan karena dinilai tingkat kehadiran yang saat ini berjalan melalui absensi sidik jari di masing-masing SKPD mengalami penurunan sehingga dipandang penting untuk segera dilakukan pembaharuan.

“Soal absensi pegawai ini, kita harus punya terobosan baru dan harus berani berinovasi supaya ada perubahan dari sisi kinerja dan disiplin. Apalagi sekarang kita berada dimasa pandemi, tentu absensi sidik jari tidak maksimal. Maka kita terapkan absensi secara online, yang kontrolnya terpusat di BKPSDM,” kata Amar Nurmansyah, Sekda KSB, kepada awak media ini,” ungkap Amar Nurmansyah, Sekda KSB, kepada sejumlah awak media, Rabu (28/09/2021).

SIAO nantinya juga akan berlaku bagi seluruh PTT lingkup Pemda Sumbawa Barat. Hal ini penting untuk segera dilakukan karena akan mempermudah kontrol kedisiplinan bagi seluruh ASN dan PTT yang ada di lingkup Pemda Sumbawa Barat.

Selain itu, Sekda juga mengingatkan kepada para pimpinan OPD agar rutin mengontrol bawahannya terkait dengan disiplin kehadiran pegawai. Dimana setelah pertama kali mengikuti rapat bersama dengan komisi disiplin, ternyata banyak pegawai yang ketidakhadirannya tercatat 50 hari selama setahun.

“Setelah saya mengkuti rapat dengan komisi disiplin, ternyata ada pegawai yang tidak hadiri sebanyak 50 hari dalam setahun. Setelah di kroscek OPD terkait, laporannya bahwa Kasubbag Kepegawaian tidak mengingatkan,” papar Amar.

Ia juga menjelaskan, ketidakhadiran mereka juga karena atasan tidak mengontrol dengan baik kehadiran bahwahannya. Dirinya juga mengingatkan kepada para pimpinan OPD, agar rutin dan aktif mengontrol bawahannya terkait disiplin kehadiran pegawai, karena jika tidak dikontrol dengan baik dan ketat oleh atasan maka kasus pelanggaran disiplin pegawai bisa terjadi.

READ  ASN KSB Ikrarkan Netralitas Pada Pilkada Serentak 2020

“Oleh karenanya, saya mengingatkan kepada para atasan baik itu Eselon dua, Eselon tiga dan Eselon empat, agar melakukan pengawasan secara berjenjang kepada bawahannya, memberikan peringatan agar tetap disiplin dalam kehadirannya,” ungkap Sekda.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda juga mengingatkan kepada seluruh ASN agar dapat meningkatkan sensitifitas, baik dilingkungan kerja maupun dilingkungan masyarakat. Para ASN harus peka terhadap kondisi didalam kantornya jika dikantornya tidak bersih, tidak teratur dan lain-lain.

“Demikian juga di dalam masyarakat, jika melihat ada yang tidak bersih, kondisi lingkungan yang kotor harus segera mengambil tindakan, tidak boleh ditonton saja. Para ASN harus bisa menunjukkan sensitifitasnya baik dilingkungan kantor maupun dilingkungan masyarakat,” pungkas Sekda.(Fn-Kief)

Related posts

Kodim 1607/Sumbawa bersama Forkopimda, Tanam Bibit Mangrove di Pesisir Pantai Labu Sawo

Redaksi FocusNTB

Kades Dasan Anyar Bangun Kemitraan Dengan Penggiat Pariwisata Di KSB

Redaksi FocusNTB

Wagub NTB dan Forkopimda Hadiri Rakor Pengamanan Pilkada

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment