Focus NTB
HEADLINE NEWS WISATA

Disparpora Munculkan Budaya Gotong Royong, Menyongsong Harla KSB Ke-18

FocusNTB, Sumbawa Barat — Sebagai kabupaten termuda, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terus melakukan berbagai inovasi agar semakin dikenal luas. Salah satunya, menyongsong hari ulang tahun (harla) Sumbawa Barat yang ke-18 tahun akan dikemas dalam sebuah event bernama Festival Taliwang.

Dimana, dalam Festival Taliwang tersebut Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) akan memunculkan budaya gotong royong asli ‘Tanah Pariri Lema Bariri’ yang telah tergerus dan punah karena perubahan zaman.

“Memperingati Harla KSB tahun 2021 ini, kita akan angkat kembali budaya gotong royong yang bernama ‘isong bale’ yang sudah mengakar sejak dahulu,” ungkap Kepala Disparpora Sumbawa Barat, Ir. IGB Sumbawanto M.Si saat dihubungi media ini via whatsapp di Mataram pada, Kamis (7/10/2021).

Melalui sambungan whatsapp, Kadis Sumbawanto melanjutkan, ‘isong bale’ ini merupakan budaya daerah zaman dulu yang sesuai dengan program Bupati yakni Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR). Sehingga ‘isong bale’ dijadikan tema dalam perayaan Festival Taliwang.

Dizaman nenek moyang dahulu, budaya ‘isong bale’ ini merupakan bentuk gotong royong jika ada rumah panggung rusak yang akan diperbaiki dan atau rumah panggung baru yang akan dibangun, sehingga memiliki ruh dan nilai yang sangat luhur dan mulia dalam tradisi dan budaya masyarakat KSB.

“Itulah mengapa ‘isong bale’ ini kami angkat karena memiliki ruh dan nilai yang luhur. Seperti, memperkokoh kerukunan, mempererat persatuan, memiliki visi yang sama hingga nilai kebersamaan,” ungkap Kadis yang dikenal inovatif ini.

Lebih jauh dijelaskannya, untuk anggaran dari Festival Taliwang ditahun ini, berada dikisaran 2 Miliar dan anggaran sebesar itu ingklud didalam rangkaian perayaan Festival Taliwang sebelum hari H Ulang tahun KSB.

READ  Anggota Polres Sumbawa Barat Lakukan OPS Patuh Rinjani 2021, Wujudkan Kamseltibcarlantas

“Satu minggu sebelum Harla, nantinya banyak sekali rangkaian perayaan dalam memeriahkan Harla KSB tersebut, mulai berampok, karapan kerbau, pembuatan minyak jereweh, festival balona, Festival budaya seperti brantok dan sekeco akan turut memeriahkan dan meramaikan harla KSB,” tutupnya dengan penuh optimisme.(Fn-Kief)

Related posts

Menkopolhukam Bersama Rombongan Kunjungan Kerja Ke NTB

Redaksi FocusNTB

Gagalkan Curanmor saat Operasi Zebra Rinjani 2020, Aipda Yusuf Dapat Penghargaan Kapolda NTB

Redaksi FocusNTB

Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat Mengucapkan Selamat Hari Lanjut Usia Nasional

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment