Focus NTB
HEADLINE SUMBAWA

Peletakan Batu Pertama Masjid At-Taufiq, Bupati Ajak Masyarakat Makmurkan Masjid

FocusNTB, Sumbawa Barat – Peletakan batu pertama masjid Jami’ At-Taufiq Kelurahan Telaga Bertong, pada Rabu pagi (20/10/2021) berjalan lancar. Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Sumbawa Barat bersama unsur Muspida, Camat Taliwang, dan Lurah Telaga bertong.

Dalam memberikan laporan, ketua panitia pembangunan Rustam, SAP.,M.Si menyampaikan bahwa gotong royong telah menjadi tradisi masyarakat telaga bertong dari zaman dahulu.

“Saat ini tradisi gotong royong tersebut diwujudkan melalui pembangunan Masjid dengan memberikan sumbangsih masing-masing Kepala Keluarga menyumbangkan 10 buah batu dan mereka juga menyumbangkan Rp. 2000,- per hari,” jelasnya.

Rustam juga menyampaikan, bahwa dana awal pembangunan masjid berjumlah Rp. 100.000.000, hingga hari ini sisa kas berjumlah Rp. 15.000.000.

“Ada juga sumbangan dari pihak ketiga seperti bantuan 100 sak semen dari Dandim 1628/Kabupaten Sumbawa Barat,” ungkap Rustam.

Dalam kesempatan memberikan sambutan, Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M. memberikan apresiasi atas cara yang ditempuh oleh panitia pembangunan masjid Jami’ At-Taufiq.

Bupati Sumbawa Barat Dr.Ir.H.W.Musyafirin, MM saat melakukan peletakkan Batu Pondasi Pertama Pembangunan Masjid Jami’ At-Taufiq, Kelurahan Telaga Bertong

“Saya sengaja hadir dalam acara peletakan batu pertama ini karena saya sangat mengapresiasi cara masyarakat dalam membangun masjid. Membamgun masjid dengan cara gotong royong seperti ini sangat bagus, dan mudah-mudahan ini menjadi contoh bagi tempat lainnya,” ungkap Bupati.

Dilanjutkan Bupati, bahwa dirinya sudah banyak pengalaman dalam membangun masjid. Tugas terberat setelah membangun masjid adalah memakmurkan masjid. Semangat pembangunan masjid ini harus dibawa hingga nanti tiba saatnya memakmurkan masjid.

“Masjid tidak boleh ditinggalkan, bahkan harus didekati serta memakmurkannya. Tugas memakmurkan masjid dinilai cukup berat, ketika masjid selesai dibangun justru isinya sepi. Bukan karena masjid yang sudah bertambah besar, tetapi yang memakmurkannya hanya itu-itu saja dan tidak ada penambahan,” pesan Bupati.

READ  Doktor Zul : Seluruh Program Harus Mengedepankan Kepentingan Masyarakat

Sehingga saat itu dirinya mencontohkan apa yang dilakukan oleh jamaah tablig patut dilakukan juga oleh pengurus masjid. Masing-masing pengurus masjid dapat mengajak minimal 3 orang untuk datang ke masjid.

“Memang berat dan itu harus dilakukan. Saya titip amanah ini untuk pengurus masjid At-taufiq,” terang Bupati.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengingatkan masyarakat setempat untuk menjaga lingkungannya, kebersihannya, menjamin keberlangsungan dari STBM yang diketahui baru-baru ini telah memecahkan rekor baru MURI.

“Selain itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat juga telah resmi mendapat penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI. Semua pihak diharapkan berkolaborasi dan bersinergi,” pungkas Bupati.(FN)

Related posts

Komandan Kodim 1607/Sumbawa Launching Project Pompa Hidram Tahap II

Redaksi FocusNTB

Program Firin-Fud Pro Rakyat, Masyarakat Seran dan Rempe Pilih Lanjutkan Dua Periode

Redaksi FocusNTB

Ini Syarat bagi Karyawan Swasta agar Dapat Bantuan Rp 600.000

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment