Focus NTB
HEADLINE NEWS SUMBAWA

Kabar Gembira, Buat Pasport Sudah Bisa di KSB

FocusNTB, Sumbawa Barat — Dalam rangka memudahkan pembuatan paspor bagi masyarakat di masa pandemi, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar, Kanwil Kemenkumham NTB, menghadirkan solusi pembuatan passpor Eazy Passport.

Kegiatan perdana Eazy Passport ini akan dilaksanakan hari ini tanggal 25 dan 26 oktober 2021 dalam rangka memperingati Hari Dharma Karyadhika dan sekaligus sebagai soft opening Unit Kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar di Kecamatan Taliwang.

“Eazy Passport merupakan pelayanan paspor yang dilaksanakan di luar kantor imigrasi dan menuju lokasi pemohon dengan menggunakan mobile unit Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI),” ungkap Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB, Pungky, melalui Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Erna Loreta Silalahi kepada media ini, Senin (25/10/2021).

Ditambahkannya, Penyelesaian Unit Kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar sudah mulai rampung dan diagendakan mulai beroperasi ditahun 2022 mendatang.

Dengan layanan ini, kelompok masyarakat bisa mengajukan permohonan paspor secara kolektif untuk perkantoran pemerintah/ TNI/ Polri/BUMN/swasta, warga perumahan, dan komunitas atau organisasi.

“Untuk sosialisasi program ini, kita menghadirkan beberapa instansi pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat diantaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Kementerian Agama, Camat Taliwang, Lurah Sekabupaten Sumbawa Barat dan Pengurus Travel Umroh,” kata Loreta.

Loreta menjelaskan, pemohon yang ingin mendapatkan layanan Eazy Passport tersebut cukup mengajukan permohonan ke Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar dan mendaftarkan peserta serta mengirimkan data permohonan persyaratan pembuatan paspor secara kolektif melalui aplikasi Si Pepo (Sistem Pendaftaran Eazy Passport Online).

“Selanjutnya petugas kami akan menerima data permohonan masyarakat dan memeriksa sarana prasana untuk mendukung operasional perangkat mobile passport di tempat yang akan dilaksanakan layanan Eazy Passport,” jelasnya.

READ  Kunjungan Silaturrahmi Danlanud ZAM di Mantar KSB

Sementara Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, ST dalam kunjungannya bersama Kapolres dan Dandim, turun langsung untuk memantau pelayanan perdana Easy Passport itu.

“Alhamdulillah, siang ini kami dapat mengecek langsung tanda di mulainya Pelayanan Pembuatan Paspor di Kantor UKK Imigrasi Kelas II Sumbawa Besar yang ada di Sumbawa Barat,” kata Wabup.

Wabup juga menyampaikan, bagi masyarakat yang mau buat paspor atau memperpanjang masa berlaku paspornya bisa langsung ke Kantor Imigrasi Sumbawa Barat di Jalan Raya Bertong Dekat Kantor Polres Sumbawa Barat.

“Sekarang Kantor Imigrasi sudah ada di Sumbawa Barat, dengan kehadiran Kantor Imigrasi ini akan menjadi kabar gembira bagi masyarakat. InsyaAllah para pegawai imigrasi siap melayani tanpa pungli,” ucapnya

Maka dengan ini, jelas Wabup, masyarakat Sumbawa Barat tidak perlu lagi jauh-jauh ke Sumbawa Besar menghabiskan waktu lama untuk mengurus Passport.

“Sekarang, cuma butuh beberapa menit pengurusan Passport, maka Passport akan jadi dalam tiga hari setelah pembayaran di unit kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Besar Kanwil Kemenkumham NTB yang ada di Jalan Raya Telaga Bertong Kecamatan Taliwang Sumbawa Barat,” ulas Wabup.(Fn-Kf)

Related posts

Ucapan Selamat Fahmi SE Kepada Bupati Sumbawa Barat

Redaksi FocusNTB

Pasca Dilantik, Kades Desa Beru Jereweh, Siap Bekerja Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Redaksi FocusNTB

Hasil Vaksinasi Massal Wilkum Polres Sumbawa Barat, Sehari Capai 407 Dosis

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment