Focus NTB
HEADLINE NEWS

Nurdin Rahman : Ciptakan Kemandirian Diri Ekonomi, Semua Bidang Kita Sinergikan

FocusNTB, Sumbawa Barat — Secara umum kondisi ekonomi masyarakat di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) masih belum mandiri, bahkan masih jauh dari kemandirian. Parameter ketidak mandirian ekonomi itu terlihat pada banyak fakta dan kondisi objektif perekonomian.

Maka dari itu, saat ini Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan UMKM (Diskoperindag) akan fokus untuk membangkitkan ekonomi masyarakat yang berdaya saing, sehingga daerah berjagon ‘Tanah Pariri Lema Bariri’ ini bisa mandiri secara ekonomi.

“Apalagi, Kemandirian ekonomi ini merupakan salah satu Visi dari Kepala daerah yang telah masuk di Perda. Jadi kami akan fokus melakukan program-program untuk kemandirian ekonomi masyarakat kita,” kata Kepala Diskoperindag, Nurdin Rahman, SE kepada media saat acara ngopi santai di kantornya. Jum’at (29/10/2021).

Untuk menciptakan kemandirian ekonomi di KSB, Ia akan fokus mensinergikan semua bidang yang ada di Dinasnya tersebut, baik bidang Koperasi, Bidang UMKM, Bidang Perindustrian dan Perdagangan.

“Jika semua bidang disini bergerak, InsyaAllah bisa mewujudkan kemandirian perekonomian, karena 4 pilar perekonomian yang berada disini (Diskoperindag) semuanya saling berkaitan satu dengan lain,” bebernya.

Untuk mewujudkan kemandirian ekonomi Dibidang Koprasi, kata Nurdin, pihaknya akan melakukan penguatan kelembagaan terhadap KUD dan KPM melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk diberdayakan agar mampu menyerap gabah petani.

“Kemarin saya cek, inpresnya harga gabah petani berada di angka Rp 4.200, tetapi real lapangan hanya Rp 3.200. Memang kami tidak dapat interpensi hal itu karena ada Bulog. Tetapi dengan dilakukannya penguatan terhadap KUD, maka mereka yang akan membeli gabah sesuai HET sehingga ekonomi petani kita dapat kuat,” jelasnya.

Untuk bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pihaknya akan mengajak seluruh instansi pemerintah di Kabupaten Sumbawa Barat agar setiap ada kegiatan dapat membeli makanan dari produk UMKM lokal.

READ  RSUD Provinsi NTB Miliki Alat Khusus Donor Plasma Darah

“Contohnya seperti kegiatan kita ini, inikan ada makanan-makanan yang ada dihadapan kita. semua ini hasil produk dari UMKM lokal disini. Membili produk lokal ini yang harus kita lestarikan sehingga terjadi penguatan ekonomi bagi para UMKM,” bebernya.

Dibidang industri, pihaknya akan fokus mengembangkan home industri dan industri kecil lainnya. Sedangkan untuk bidang perdagangan, dirinya mendorong agar bidang tersebut melakukan perlindungan konsumen, sehingga akan lebih fokus untuk melindungi hak-hak masyarakat kecil.

“Dengan demikian, harapan kami kedepan agar produk-produk UMKM lokal kita dapat dilirik oleh masyarakat, ASN dan semua komponen masyarakat lainnya,” pungkasnya.(Fn-Kf)

Related posts

Lepas 400 Prajurit TNI Pengamanan RI-Timor Leste, Gubernur: Menjaga Negara adalah Misi Mulia

Redaksi FocusNTB

Masadi: Nasdem KSB Masih Menunggu Hasil Survey DPP

Redaksi FocusNTB

Dinas Dikbud KSB Mengucapkan Dirgahayu Humas Polri Ke-70

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment