Focus NTB
HEADLINE LOMBOK

Menyongsong WSBK Mandalika, NTB Perketat Penerapan Prokes

FocusNTB, Mataram — Menyongsong perhelatan World Superbike (WSBK) Mandalika yang digelar 19 – 21 November mendatang, NTB kembali akan memperketat pengawasan penerapan (Prokes) protokol kesehatan.

Upaya ini dilakukan, karena NTB ingin menunjukkan pada dunia bahwa perhelatan event internasional benar-benar menerapkan prokes dengan ketat.

Sementara Kapolda NTB, Irjen Pol. Mohammad Iqbal S.I.K., M.H., dalam rapat Analisa dan Evaluasi (Anev) Penanganan Covid-19 di Kantor Gubernur, Senin (25 Oktober 2021), menyampaikan, Protokol kesehatan kita jangan lupa. Prokes menjelang WSBK, saya dan Pak Danrem akan rapat. Kita akan kencangkan lagi ikat pinggang untuk penerapan protokol kesehatan ini.

“Kita ingin menunjukkan kepada dunia internasional bahwa event besar seperti WSBK yang akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit benar-benar diterapkan secara ketat. Sehingga, pihaknya secara khusus akan menggelar pertemuan lanjutan dengan Komandan Korem 162/WB membahas persoalan ini,” kata Kapolda Iqbal.

Dalam rapat Anev tersebut, Kapolda menekankan kepada kabupaten/kota yang capaian vaksinasinya masih rendah agar melakukan percepatan. Selain itu, ia juga meminta agar tracing, testing dan treatment harus terus ditingkatkan.

‘’Evaluasi akan dilakukan setiap minggu. Terus maksimalkan tracing, testing dan treatment. Banyak (daerah) yang terkoreksi, jangan sampai tracing dan testing terkoreksi, harus bagus,” tandasnya.

Apa yang dikemukakan Kapolda NTB, senada dengan yang dikemukanan Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Ditjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes, dr. Siti Khalimah, Sp.KJ., MARS. Penekanan agar prokes benar-benar harus menjadi perhatian saat gelaran WSBK nantinya.

“Prokes harus kita perketa, apalagi WSBK Mandalika menjadi pertaruhan Indonesia di dunia internasional,” ujarnya.

Sehingga, Kemenkes meminta NTB untuk membentuk tim khusus yang mengurus penerapan prokes, mengingat ada 25.000 penonton yang akan hadir dalam perhelatan event internasional tersebut.

READ  Bantu Kelompok Usaha Ditengah Pandemi, Muhammad Nasir Salurkan Bantuan

Karena pelaksanaan event WSBK di masa pandemi. Pelaksanaan event WSBK dari aspek kesehatan harus benar-benar disiapkan standar prokes pencegahan Covid-19. Sehingga, gelaran WSBK yang akan dihadiri 25.000 penonton tidak memunculkan klaster baru Covid-19.

Pemprov NTB menargetkan tidak ada kasus Covid-19 atau zero Covid-19 digelaran World Superbike (WSBK) Mandalika. Satgas Pengawasan Prokes dan Penegakan Hukum akan diaktifkan pada saat event internasional yang akan dihadiri 25.000 penonton tersebut.

Sementara Asisten III Setda NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi, Sp.A., M.P.H., mengatakan, dalam gelaran WSBK Mandalika pada 19 – 21 November mendatang, pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan (prokes) diperketat.

“Didalam Satgas Covid-19 Provinsi NTB, telah ada Satgas Pengawasan Prokes dan Penegakan Hukum. Ini yang akan kita aktifkan lagi,’’ pungkasnya. (Fn)

Related posts

Kadis Koprindag KSB Mengucapkan Selamat Hari Hak Asasi Manusia

Redaksi FocusNTB

Bhabinkamtibmas Lamuntet Dampingi Warganya Problem Solving Laka Lantas

Redaksi FocusNTB

Selundupkan Sabu dari Batam, Dua Pemuda Diringkus Polda NTB

Redaksi FocusNTB

Leave a Comment